PENGARUH KETIDAK PUASAN SAAT PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA STAI SALAHUDDIN PASURUAN

  • sofiyulloh sofiyulloh

Abstract

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara dosen dan mahasiswa. Dengan adanya pembelajaran daring seringkali membuat mahasiswa menjadi tidak puas. ketidak puasan adalah suatu keadaan aprehensi atau keadaan khawatir yang mengeluhkan bahwa yang buruk akan segera terjadi. Karena kuliah daring lebih banyak tugas dibandingkan dengan pengajaran mata kuliah dan juga dengan mengikuti perkuliahan daring bisa mendapatkan IPK yang kurang baik. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasional, yang bertujuan untuk mencari hubungan antara pembelajaran daring dengan ketidak puasan mahasiswa. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu pembelajaran daring dan variabel dependen yaitu ketidak puasan mahasiswa. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa STAI Salahuddin Pasuruan berjumlah 17 responden, dengan sampel 17 responden. Pengumpulan data dengan kuisioner pembelajaran daring, ketidak puasan Hars dan data prestasi mahasiswa berupa indeks prestasi. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran daring cukup sebanyak 14 orang (73,6%) dan ketidak puasan Hars sedang sebanyak 9 orang (47,3%) serta Indeks prestasi 3,00 – 3,49 sebanyak 52%. Analisa data menggunakan uji statistic spearman Rho Correlation de peroleh tingkat kemaknaan 0,04 (p<0,05). Dengan demikian Ho di tolak yang berarti ada hubungan ketidak puasan selama pembelajaran daring dengan prestasi mahasiswa di STAI Salahuddin Pasuruan.   Kata Kunci : Pembelajaran daring, ketidak puasan mahasiswa, prestasi mahasiswa
Published
2022-02-08