PEMIKIRAN KONTEMPORER PENDIDIKAN ISLAM

  • JULI AMALIYA NASUCHA juli Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Abstract

Abstrak: Sejak dua dasawarsa menjelang millennium, globalisasi telah memunculkan wacana baru dalam berbagai lapangan kehidupan: literature akademik, media massa, forum-forum seminar, diskusi, dan pembahasan dalam berbagai lembaga. Globalisasi mencoba memberikan perubahan-perubahan dalam struktural dalam seluruh kehidupan Negara bangsa yang mempengaruhi fundamen-fundamen dasar pengaturan hubungan antar manusia, organisasi-organisasi sosial, dan pandangan-pandangan dunia. Perubahan besar dalam lapangan ekonomi dan politik menimbulkan perubahan-perubahan besar dalam bidang pendidikan baik pada tingkat internasional maupun nasional dan lokal. Terdapat reorientasi pendidikan baik pada tingkat kelembagaan, kurikulum, maupun manajemen sesuai dengan perkembangan-perkembangan baru yang terjadi dalam proses globalisasi.  Artikel ini mencoba menelusuri perubahan suatu sistem  telah ada pada suatu masa, terdapat ragam “aliran-aliran modern dalam Islam†dan “Islam dan modernisasiâ€. Modernisme menandakan akan keberadaan pikiran, aliran, gerakan dan usaha untuk mengubah paham-paham, adat istiadat, institusi-institusi lama, berada pada suasana baru.   Kata Kunci: Kontemporer, Globalisasi, Pendidikan Islam, Indonesia.
Published
2020-03-30