Mengembangkan Kemandirian Siswa Berkebutuhan Khusus melalui Pelatihan Membuat Puding Bunga Telang

Authors

  • Sri Hariyani Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Rahaju Rahaju Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Tatik Retno Murniasih Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.35309/dharma.v4i1.7102

Keywords:

kemandirian, berkebutuhan khusus, pelatihan, puding, bunga telang

Abstract

Hasil observasi di SLB Idayu 2 menunjukkan pelaksanaan pembelajaran siswa sesuai dengan acuan kurikulum 2013, namun implementasi kurikulum perlu mendapatkan dukungan dari pihak luar sekolah agar target dapat tercapai. Kegiatan pengabdian ini dimaksudkan untuk memberikan bantuan pelayanan terhadap siswa autis dalam bentuk pelatihan keterampilan membuat puding bunga telang. Manfaat dari kegiatan ini adalah pengembangan kemandirian sebagai salah satu aspek keterampilan hidup yang harus dimiliki oleh siswa autis. Community engagement dipilih sebagai pendekatan kegiatan dengan melibatkan tim pengabdi bersama pihak sekolah mulai menyepakati jadwal, membuat persiapan, pelaksanaan hingga diseminasi. Melalui pengabdian ini, siswa autis dapat mengenal bentuk dan penggunaan bunga telang, mengetahui manfaat menjaga kebersihan, dan mendapatkan dukungan sosial terhadap perkembangan keterampilan hidupnya. Kegiatan pengabdian ini penting dilakukan sebagai bentuk perhatian khusus agar perilaku siswa lebih terkendali. Harapan tim pengabdi, siswa autis terus diberikan dukungan positif agar kualitas hidupnya menjadi meningkat. Saran bagi pengabdi yang tertarik pada seputar anak autis, perlu dirancang metode pemberian dukungan kesehatan kepada anak autis, supaya dapat turut melengkapi peningkatan kualitas hidupnya

References

Abdullah, & Nandiyah. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus.

Magistra, 25(86), 1–10.

Baker, E., Stavropoulos, K. K. M., Baker, B. L., & Blacher, J. (2021). Daily living skills in adolescents with autism spectrum disorder: Implications for intervention and independence. Research in Autism Spectrum Disorders, 83(101761), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.rasd.2021.101761

Febrianti, Y., Anshory T., H., Yulianto, & Lusiyana, N. (2021). Tanaman Obat Indonesia Bagi Penyandang Disabilitas. Jurnal Education and Development, 9(4), 28–31.

Fitri, A., Saam, Z., & Hamidy, Y. (2016). Pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap perilaku anak autis di Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmu Lingkungan, 10(1), 47–57. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JIL/article/view/3576

Hariyani, S., Kartika, E., & Sari, W. (2018). Kemitraan Masyarakat Bersama Kelompok Pendamping Anak Autis di Kota Malang. PEDULI - Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 1–9.

Hariyani, S., & Rahaju, R. (2019). Membelajarkan Anak Autis Menggunakan Media Visual Kinestetik. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 17–27. https://doi.org/10.30651/aks.v3i1.1777

Hidayat, A. W. (2020). Studi Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Model Kurikulum 2013. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 6(2), 172–188. https://doi.org/10.53627/jam.v6i2.3792

Hikmah, N., & Oktaviani, S. (2021). Workshop Menumbuhkan Minat Baca dan Penanganan Kesulitan Membaca Anak di Perumahan Graha Indah

Samarinda. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 146–158. Junaidi, J., Ramdhan, T. W., & Putera, K. B. (2020). Membangun Ekonomi Pasca Covid 19 di Desa Sadah Tanah Merah Bangkalan melalui Pelatihan Pembuatan Keripik Kelapa. Dharma: Jurnal Pengabdian

Masyarakat, 1(1), 17-27.

Marpaung, A. M. (2020). Tinjauan manfaat bunga telang (clitoria ternatea l.) bagi kesehatan manusia. Journal of Functional Food and Nutraceutical, 1(2), 63–85. https://doi.org/10.33555/jffn.v1i2.30

Putri, E. D. A., Wahyuno, E., Susilawati, S. Y., & Ummah, U. S. (2021). Keefektifan Permainan Playdough Terhadap Kemampuan Motorik Halus Autis. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 7(2), 97. https://doi.org/10.17977/um031v7i22021p97-104

Rachmawati, D., & Ermawati, T. (2019). Status Kebersihan Mulut dan Karies Pada Siswa Berkebutuhan Khusus di SLB Autis dan TPA B SLB Branjangan Kabupaten Jember. Warta Pengabdian, 13(3), 74–79. https://doi.org/10.19184/wrtp.v13i3.9501

Sa’adah, A., Pramono, P., Huda, A., & Irvan, M. (2022). Implementasi TEACCH Dalam Pembelajaran untuk Siswa Autisme di Sekolah Khusus. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 8(1), 12–18.

http://journal2.um.ac.id/index.php/jo/article/view/24978

Siampa, J. P., & Jayanto, I. (2020). PKM Pemberdayaan Guru SLB Khusus Autis Permata Hati dan SLBYPAC Manado Melalui Pelatihan Produksi Minuman Kesehatan Granul Instan Jahe Merah (Zingiber Officinale) Sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian Ekonomi dan Terapi Supportif Siswa SLB. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(2), 8–13.

Sparapani, N., Tseng, N., Towers, L., Birkeneder, S., Karimi, S., Alexander,

C. J., Garcia, J. V., Wood, T., & Nunnally, A. D. (2023). Factors

Mengembangkan Kemandirian Siswa Berkebutuhan Khusus melalui Pelatihan Membuat Puding Bunga Telang

associated with classroom participation in preschool through third grade learners on the autism spectrum. Research in Autism Spectrum Disorders, 105(102186), 1–16.

https://doi.org/10.1016/j.rasd.2023.102186

Sunarya, P. B., Irvan, M., & Dewi, D. P. (2018). Kajian Penanganan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1617

Sunjoto, J. C., Tanudjaja, B. B., & Salomoon, D. K. (2020). Perancangan Packaging Snack Gluten Free Casein Free CJ Snack untuk Penyandang Autisme. Jurnal DKV Adiwarna, 1(16), 1–9.

Supena, A., Nuryanti, N., & Karnadi, K. (2022). Efektifitas Son-Rise Program dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa, Sosial Komunikasi pada Anak Autis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2753–2776. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.964

Published

2023-12-28

How to Cite

Hariyani, S. ., Rahaju, R., & Murniasih, T. R. . (2023). Mengembangkan Kemandirian Siswa Berkebutuhan Khusus melalui Pelatihan Membuat Puding Bunga Telang . Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 54–72. https://doi.org/10.35309/dharma.v4i1.7102

Issue

Section

Articles