PENDEKATAN BURHANI DALAM STUDI AL-QUR’AN

  • Mohammad Subhan Zamzami Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
Keywords: Tafsir, burhani, ideologi

Abstract

Artikel ini fokus pada pendekatan burhani dalam penafsiran al-Qur’an yang ada dalam tradisi Islam. Kajian ini menggunakan metode kajian pustaka. Berdasarkan tradisi Islam, sebagian sarjana Muslim menggunakan epistemologi yang bervariasi dalam penafsiran al-Qur’an, seperti bayani, ‘irfani, dan burhani yang turut memengaruhi hasil kajian intelektual mereka. Sebagian filosof Muslim menggunakan burhani dalam penafsiran al-Qur’an, sebagian teolog Muslim menggunakan kombinasi burhani dan bayani dalam penafsiran al-Qur’an, dan sebagian sufi menggunakan kombinasi burhani and ‘irfani dalam penafsiran al-Qur’an, sehingga penafsiran mereka tidak sama. Latar belakang intelektual dan ideologi mereka seakan memaksa mereka menggunakan pendekatan yang bervariasi dalam penafsiran al-Qur’an. Oleh karena itu, variasi-variasi pendekatan dalam penafsiran al-Qur’an ini membuat umat jauh dari ajaran al-Qur’an yang sebenarnya, dan penafsiran al-Qur’an nampak sangat relatif.

References

Ali, Atabik dan Ahmad Zuhdi Muhdlor, Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. Yogyakarta: Multi Karya Grafika, 1999.
‘Az}i>m (al-), ‘Ali> ‘Abd, Falsafah al-Ma’rifah fi> al-Qur’a>n al-Kari>m. Kairo: Al-Hay’ah al-‘An al-Mat}a>bi’ al-Ami>ri>yah, 1973.
Ba>qi> (al-), Muh{ammad Fu’a>d ‘Abd, Al-Mu’jam al-Mufahras li Alfa>z} al-Qur’a>n al-Kari>m. Kairo: Da>r al-H{adi>th, 1364 H.
Dhahabi> (al-), Muh}ammad H{usayn, al-Tafsi>r wa al-Mufassiru>n. Kairo: Maktabah Wahbah, 2000.
Fatawi, M. Faisol, Tafsir Sosiolingustik: Memahami Huruf Muqatha’ah dalam al-Qur’an.Malang: UIN-Malang Press, 2009.
Ghaza>li> (al-), Abu> H{a>mid Muh}ammad ibn Muh}ammad, Al-Munqidh min al-D{ala>l wa al-Muwas}s}il ila> Dhi> al-‘Izzah wa al-Jala>l. Beirut: Da>r al-Andalus, 1981.
Goldziher, Ignaz, Mazhab Tafsir dari Klasik hingga Kontemporer. Yogyakarta: eLSAQ, 2010.
Ibn Khaldu>n, Abu> Zayd ‘Abd al-Rah}ma>n ibn Muh}ammad, Al-Muqaddimah. Kairo: Lajnah al-Baya>n al-‘Arabi>, 1958.
Izutsu, Toshihiko, Relasi Tuhan dan Manusia: Pendekatan Semantik terhadap al-Qur’an. Yogyakarta: Tiara Wacana Karya, 2003.
Ibn Manz}u>r. Lisa>n al-‘Arab. Kairo: Da>r al-Ma’a>rif, t.t.
Ibn Rushd, Abu> al-Wali>d, Fas}l al-Maqa>l wa Taqri>r ma> bayna al-Shari>’ah wa al-H{ikmah min al-Ittis}a>l. Beirut: Da>r al-Mashriq, 1968.
Ja>biri> (al-), Muh}ammad ‘A: Dira>sah Tah}li>li>yah Naqdi>yah li Nuz}um al-Ma’rifah fi> al-Thaqa>fah al-‘Arabi>yah. Beirut: Markaz Dira>sa>t al-Wah{dah al-‘Arabi>yah, 2009.
Mustaqim, Abdul, Paradigma Tafsir Feminis: Membaca al-Qur’an dengan Optik Perempuan. Yogyakarta, Logung Pustaka, t.th.
----------------------, Epistemologi Tafsir Kontemporer. Yogyakarta: LkiS, 2010.
Purwanto, Agus, Nalar Ayat-Ayat Semesta: Menjadikan Al-Qur’an sebagai Basis Konstruksi Ilmu Pengetahuan. Bandung: Mizan, 2012.
Ra>zi> (al-), Muh}ammad Fakhr al-Di>n, Tafsi>r al-Fakhr al-Ra>zi>. Beirut: Da>r al-Fikr, 1981.
\Saifuddin, Arus Tradisi Tadwin Hadis dan Historiografi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Setiawan, M. Nur Kholis, Al-Qur’an Kitab Sastra Terbesar. Yogyakarta: eLSAQ Press, 2005.
Zamakhshari> (al-), Abu> al-Qa>sim Mah}mu>d ibn ‘Umar, al-Kashsha>f ‘an H{aqa>’iq Ghawa>mid} al-Tanzi>l wa ‘Uyu>n al-Aqawi>l fi> Wuju>h al-Ta’wi>l. Riya>d: Maktabah al-‘Ubayka>n, 1998.
Zirki>li> (al-), Khayr al-Di>n, Al-A’la>m: Qa>mu>s wa Tara>jim li Ashhar al-Rija>l wa al-Nisa>’ min al-‘Arab wa al-Musta’ribi>n wa al-Mustashriqi>n. Beirut: Da>r al-‘Ilm li al-Mala>yi>n, 2002.
Published
2016-02-10
How to Cite
Zamzami, M. (2016, February 10). PENDEKATAN BURHANI DALAM STUDI AL-QUR’AN. El-Furqania : Jurnal Ushuluddin Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(01), 1-16. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/elfurqania/article/view/1417