PILIHAN BELAJAR AL-QUR’AN DI MADURA; KONVERSI DARI LANGGAR KE TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN

Authors

  • Moh Wardi STAI Nazhatut Thullab Sampang

Abstract

Abstrak:Langgar (mushola) adalah pendidikan Islam tertua di Indonesia yang telah tumbuh dan berkembang di komunitas Islam. Hal ini didirikan lebih awal dari pesantren (Pesantren), sekolah dan madrasah. Langgar telah mengambil peran penting dalam mempersiapkan generasi Alquran, khususnya tingkat dasar, untuk waktu yang lama waktu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan reduksi data, display atau penyajian data, dan tahap kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pertama,  bahwa, ada pergeseran dan perubahan paradigma masyarakat terhadap langgar, dan mayoritas masyarakat memilih Taman Pendidikan Al-Qur’an. Kedua, dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, pada daerah lain. Langgar masih bersaing dengan lembaga sejenis yang dianggap lebih modern, seperti TK al-Qur'an (TK Islam mempelajari Al-Qur'an). Kata kunci: Langgar, Taman Pendidikan Al-Qur’anAbstract:Langgar (prayer house) is the oldest Islamic education in Indonesia that has grown and developed in the Islamic community. It is established earlier than boarding schools (pesantren), schools and madrasah. Langgar (prayer house) has taken an important role in preparing generations of the Koran, in particular basic level, for long periods of time. The method used in this research is qualitative type of phenomenological research. Data obtained from interviews and observations. Further data analysis was performed with data reduction, display or presentation of data, and the stage of conclusion. The first results showed that, there is a paradigm shift and change in society to break, and the majority of people choose Islamic Kindergarten studying Al-Qur'an. Second, with various advantages and disadvantages, in other areas. Langgar (prayer house) still compete with similar bodies that are considered more modern, such as TK Quran (Islamic Kindergarten studying the Quran).Keywords: Langgar (prayer house), Islamic Kindergarten studying of Al-Qur'an

Author Biography

Moh Wardi, STAI Nazhatut Thullab Sampang

STAI Nazhatut Thullab Sampang

References

DAFTAR PUSTAKA

al-Buhary, Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim. Sahih al-Jami’ vol. 3 (Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1412 H / 1992 M)

Azis, Ali. "Negeri Mullah, Negeri Beribu Kisah", dalam AULA Majalah Nahdlatul Ulama, Nomor 11 Tahun XXXI, Nopember 2009

Jalaluddin, Psikologi Agama (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005)

Kosim, Mohammad. Langgar sebagai Institusi Pendidikan Keagamaan Islam, Tadris Jurnal Pendidikan Islam, Volume 4. Nomor 2. 2009.

Maimun, Wawancara, 10 Januari 2016.

Malik, Hatta Abdul. Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Alhusna Pasadena Semarang, Dimas Vol. 13 No. 2 Tahun 2013.

Mansurnoor,Iik Arifin. Ulama, Villagers and Change; Islam in Central Madura (Kanada; Institute of Islamic Studies McGill University, 1987)

Martin, Richard C. “Islam and Religious Studies An Introducory Essay” dalam Approaches to Islam in Religious Studies, Rechard C. Martin (ed.) (The Uneversity of Arizona Press, 1985), 8.

Moh Anwar, Wawancara, 15 Januari 2016.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam (Bandung: Rosdakarya, 2001)

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengaktifkan Pendidikan Islam di Sekolah, (Bandung: Remaja Rosyda, 2002)

Muhammad Surawi, Wawancara, 5 Januari 2016.
Riyadh, Sa’ad. Anakku, Cintailah al-Qur’an (Jakarta: Gema Insani, 2009)

Sa’ad Riyadh, Anakku, Cintailah Al-Qur’an (Jakarta: Gema Insani, 2009)

Suprayogo, Imam dan Tobroni, Metodologi Penelitian Sosial Agama, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001)

Tafsir, Ahmad. Pendidikan Agama dalam Keluarga (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996)

Wardi, Moh. Pendidikan Perempuan Dalam Perspektif Masyarakat Desa Bakiong Kecamatan Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep, (Skripsi, STAIN Pamekasan, 2007)

Downloads

Published

2016-06-01

How to Cite

Wardi, Moh. “PILIHAN BELAJAR AL-QUR’AN DI MADURA; KONVERSI DARI LANGGAR KE TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN”. KABILAH : Journal of Social Community 1, no. 1 (June 1, 2016): 72–93. Accessed April 20, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/1711.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.