Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

KECERDASAN EMOSIONAL, SPIRITUAL DAN PERILAKU PROSOSIAL SANTRI SABILUL IHSAN PAMEKASAN MADURA

  • Zamzami Sabiq INSTIKA Guluk-Guluk Sumenep

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual dengan perilaku prososial. Populasi dalam penelitian ini adalah Santri Pondok Pesantren Sabilul Ihsan Pamekasan. Pada penelitian ini seluruh populasi diambil dan dijadikan sampel (total sampling) dalam penelitian dengan jumlah 30 orang santri yang terdiri 10 santri putra dan 20 santri perempuan. Pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosi, skala kecerdasan spiritual dan skala perilaku prososial. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda yang akan diolah statistiknya dengan bantuan komputer seri program statistik SPSS 20.0 for windows. Hasil analisis regresi ganda diperoleh F = 102,301; p = 0,000 (p < 0,05) yang berarti bahwa kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual mempunyai hubungan yang signifikan dengan perilaku prososial. Hasil analisis korelasi antara kecerdasan emosi dengan perilaku prososial menunjukkan t = 2,113 dengan p = 0,002 (p < 0,05) yang berarti ada korelasi signifikan positif antara kecerdasan emosi dan perilaku prososial. Hasil analisis korelasi antara kecerdasan spiritual dengan perilaku prososial menunjukkan t = 7,521 dengan p = 0,000 (p < 0,05) yang berarti ada korelasi signifikan positif antara kecerdasan spiritual dan perilaku prososial. R2 = 0,482 menunjukkan bahwa kedua variabel bebas kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif terhadap variabel tergantung perilaku prososial sebesar 48,2 % dan terdapat 51,8 % variabel-variabel lain yang mempengaruhi variabel tergantung perilaku prososial dalam penelitian ini. Kata kunci: kecerdasan emosi, spiritual, perilaku prososial Abstract: The purpose of this research is to examine the relation between emotional intelligent and spiritual intelligent with pro-social behavior. The population of this research is  students of Pondok Pesantren Sabilul Ihsan Pamekasan. In this research, all of the population are taken and made as the sample. The populations are 30 students consist of 10 boys and 20 girls. The technique of data collection uses emotional intelligent scale, spiritual intelligent scale, and pro-social behavior scale made by the researcher. The method of data analysis used is multiple regression analysis that will be processed the statistics using SPSS 20.0 for windows. The result of multiple regression analysis is gotten F = 102,301; p = 0.000 (p < 0,05) means that the emotional intelligent and spiritual intelligent have a significant relation with pro-social behavior. The result of correlation analysis between emotional intelligent and pro-social behavior shows t = 2,113 with p = 0,002 (p < 0,05) means that there is a positive significant correlation between emotional intelligent and pro-social behavior. The result of correlation analysis between spiritual intelligent and pro-social behavior shows t = 7,521 with p = 0,000 (p < 0,05) means there is a positive significant correlation between spiritual intelligent and pro-social behavior. R2 = 0,482 shows that both of independent variable emotional intelligent and spiritual intelligent give effective contribution toward dependent variable pro-social behavior 48,2%. there are 51,8 % variables which influence dependent variable pro-social in this research. Key words: emotional intelligent, spiritual intelligent, pro-social behavior.

Author Biography

Zamzami Sabiq, INSTIKA Guluk-Guluk Sumenep
INSTIKA Guluk-Guluk Sumenep

References

DAFTAR PUSTAKA


Arbadiati, Catur & Kurniati, Taganing, Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Kecenderungan Problem Focused Coping pada Sales. Pesat, Vol. 2 No. 2. 2007.

Aziz, Rahmat & Mangestuti, Retno. Tiga Jenis Kecerdasan dan Agresivitas Mahasiswa Universitas Islam Negeri Malang. Psikologika. Nomor 21 tahun XI Jan 2006.

Azwar, Saifuddin. Penyusunan Skala Psikologi. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007)

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011)

Baron & Byrne. Social Psychologi. (United States of America : Pearson Education, Inc, 2006)

Baumeister, R. F. & Vohs, K. D. (Eds.). Encyclopedia of Social Psychologi. (United States of America : SAGE Publications, Inc, 2007).

Bierhoff. H. W. Prosocial Behavior. (New York : Psychologi Press, 2002)

Dayakisni, Tri & Hudaniah. Psikologi Sosial. Cet:2. (Malang: UMM Press, 2003)

Doe, M,. & Walch, I. 10 prinsip spiritual parenting : bagaimana menumbuhkan dan merawat sukma anak-anak anda. (Bandung: Kaifa, 2001).

Dofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai. (Jakarta : LP3ES, 2011)

Eisenberg & Mussen. The Roots of Prosocial Behavior in Children. (United Kingdom : Cambridge University Press, 1989)

Faturochman, Pengantar Psikologi Sosial. (Yogyakarta: Pustaka Book Publishing, 2006)

Gerungan, W.A. Psikologi Sosial. (Bandung: Refika Aditama, 2000)

Goleman, Daniel. Emotional Intellegence. (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006)

Ghofur, A. Etika santri dalam masyarakat. Makalah, 2007.

Hadi, Sutrisno Statistik II. (Yogyakarta : Andi Offset, 2000)

Jacobi, L. J. Psychological Protective Factors and Social Skills : An Examination of Spirituality and Prosocial Behavior. National Communication Association, 2004).

Kerlinger, Fred N. Asas-asas Penelitian Behavioral. (Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 2006).

Ma’shum, A. Ajakan suci. (DIY : LTN-NU, 1995)

Mujib, Abdul & Mudzakir, Jusuf. 2001. Nuansa-Nuansa Psikologi Islam. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001).

Murdiwiyono, Siswo F.X. Penerapan Nilai-nilai Pendidikan dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual. Psiko Edukasi (Jurnal Pendidikan, Psikologi, dan Konseling). Vol 2, No 2, 2004.

Qomar, M. Pesantren dari transformasi metodelogi menuju demokratisasi institusi. (Jakarta : Erlangga, 2006)

Rakhmat, Jalaluddin. SQ for Kids (Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Sejak Dini). (Bandung: Mizan 2007).

Saekoni. Perbedaan Antara Jenis Aktivitas Ekstrakurikuler Dengan Sikap Prososial Siswa SD Al Falah Tropodo 2 Waru Sidoarjo. Tesis. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 2005)

Sears, D. O., Freedman, J. L., & Peplau, L. A. 2006. Social Psychology. London : Pearson Education.

Sirodj, Sjahudi. Tingkat Religiusitas dan Perilaku Prososial Mahasiswa IAIN ditinjau dari tempat tinggal. Tesis. (Surabaya, Universitas 17 Agustus 1945, 2000)

Sinetar, M. Spiritual Intelligence : Belajar dari anak yang mempunyai kesadaran dini. Boedidarmo, penerj. (Jakarta : Elex Media Komputindo, 2000).

Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. (Bandung : Alfabeta, 2009).

Zohar, Danah & Marshall, Ian. Kecerdasan Spiritual (SQ) Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual Dalam Berpikir Integralistik dan Holistik Untuk Memaknai Kehidupan. (Bandung: Mizan, 2007)
Published
2016-06-01
How to Cite
Sabiq, Zamzami. KABILAH : Journal of Social Community 1, no. 1 (June 1, 2016): 121-138. Accessed October 15, 2019. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/1715.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.