Pengaruh Keteladanan Guru dan Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Karakter Siswa Kelas 5 di SD Islam Se-Kecamatan Tulungagung

  • Dyah Aris Susanti Stai Diponegoro Tulungagung

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: keteladanan guru, pengaruh keteladanan guru, pengaruh interaksi sosial, pengaruh secara bersama-sama antara keteladanan guru dan interaksi sosial teman sebaya terhadap karakter. Penelitian ini dilakukan di SD Islam se-Kecamatan Tulungagung. Responden penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SD Islam se-Kecamatan Tulungagung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrument yang berupa angket.  Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan teknik analisis regresi ganda.

Hasil penelitian 1) Keteladanan guru di SD Islam se-Kecamatan Tulungagung menunjukkan 376 atau 69 % responden menilai keteladanan guru dengan kriteria “selaluâ€, berarti selalu membentuk keteladanan yang bagus. Dari hasil penelitian Interaksi sosial teman sebaya di SD Islam se-Kecamatan Tulungagung menunjukkan 305 atau 43 % responden menyatakan selalu, berarti selalu membentuk interaksi sosial yang bagus. Hasil penelitian Karakter siswa kelas 4 di SD Islam se-Kecamatan Tulungagung menunjukkan sebanyak 395 atau 41 % responden menyatakan selalu, berarti selalu membentuk karakter siswa yang bagus. 2) Nilai t hitung > t tabel atau 2,961 > 2,000, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya signifikan. Jadi keteladanan guru berpengaruh positif signifikan terhadap karakter siswa kelas 5. 3) Nilai t hitung < t tabel atau 4,622 < 2,000, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya signifikan. Jadi keteladanan guru interaksi sosial teman sebaya berpengaruh positif signifikan terhadap karakter siswa kelas 5. 4) Dengan nilai probabilitas (sig. F Change) = 0,000. Karena nilai sig. F Change < 0,05, maka keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya keteladanan guru dan interaksi sosial teman sebaya secara bersama-sama terdapat pengaruh positif signifikan terhadap karakter siswa kelas 5. Hasil uji ANOVA, pada bagian ini ditampilkan nilai F = 21.686 dengan tingkat probabilitas sig. 0,000. Oleh karena probabilitas (0,000) jauh lebih kecil dari 0,05, maka model regresi ganda dipakai untuk memprediksi karakter siswa kelas 5.

Published
2016-12-31