KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL

  • nur cholis Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung

Abstract

Berpikir kreatif merupakan gejala jiwa yang dapat menetapkan hubungan-hubungan antara ketahuan-ketahuan kita. Selama kita berpikir, pikiran kita mengadakan tanya jawab antara pikiran kita, untuk dapat meletakkan hubungan-hubungan antara ketahuan kita dengan tepat. Ada macam-macam bentuk berpikir, salah satu bentuk berpikir adalah berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu point penting dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah. Agar pembelajaran berlangsung dengan baik, maka perlu diketahui gaya belajar masing-masing siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaiakn soal matematika. Pola penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas dasar dan  guru  matematika.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  analisis data  kualitatif  dengan  langkah-langkah  reduksi  data,  penyajian  data,  dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar visual dapat mencapai tingkat kreatif yaitu tingkat kemampuan berpikir kreatif 3 (TKBK 3) yang memenuhi indikator berpikir kreatif kefasihan dan fleksibilitas.

Published
2019-12-31