KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL
Abstract
Berpikir kreatif merupakan gejala jiwa yang dapat menetapkan hubungan-hubungan antara ketahuan-ketahuan kita. Selama kita berpikir, pikiran kita mengadakan tanya jawab antara pikiran kita, untuk dapat meletakkan hubungan-hubungan antara ketahuan kita dengan tepat. Ada macam-macam bentuk berpikir, salah satu bentuk berpikir adalah berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu point penting dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah. Agar pembelajaran berlangsung dengan baik, maka perlu diketahui gaya belajar masing-masing siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaiakn soal matematika. Pola penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas dasar dan guru matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar visual dapat mencapai tingkat kreatif yaitu tingkat kemampuan berpikir kreatif 3 (TKBK 3) yang memenuhi indikator berpikir kreatif kefasihan dan fleksibilitas.