HUBUNGAN KEDISIPLINAN SERTA KONDISI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

  • muhammad arif afandi STAI Diponegoro

Abstract

ABSTRAK

 

Keberhasilan belajar siswa dapat dilihat dari kemampuannya dalam menguasai materi pelajaran, prestasi belajar yang dicapai siswa, ketrampilan dan kebenaran dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru dan lain-lain. Tinggi rendahnya prestasi belajar siswa yang menunjukkan tingkat keberhasilan belajarnya, dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari dalam maupun dari luar diri siswa. Kedisiplinan belajar siswa yang baik atau dapat dikatakan tinggi akan dapat mendorong siswa meraih prestasi yang tinggi pula. Namun kenyataannya, tingkat disiplin belajar siswa di sekolah antara siswa yang satu dengan yang lain berbeda. Dikarenakan adanya hubungan kedisiplinan dan kondisi keluarga yang berbeda-beda pula. Prestasi belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena kegitan belajar merupakan proses, sedangkan prestasi merupakan hasil yang diperoleh dari proses belajar. Sependapat dengan penjelasan menurut Sumandi Suryabrata mengemukakan bahwa “prestasi belajar adalah nilai yang merupakan perumusan terakhir yang dapat diberikan oleh guru mengenai kemajuan/prestasi belajar selama masa tertentu. Kedisiplinan belajar dan kondisi keluarga yang paling dominan yaitu kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Dengan perolehan nilai r hitung 0,236 > 0,227 dan tingkat sig. 0,017 < 0,05.

 

 

Kata Kunci      : “Kedisiplinan dan Prestasi Belajar.â€

 

Published
2020-06-30