PENERAPAN TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dari sekian banyaknya mata pelajaran yang ada di Madrasah Ibtidaiyah, matematika merupakan pelajaran yang banyak ditakuti dan tidak disukai dari kalangan siswa. Suka atau tidak suka seseorang terhadap matematika, namun tidak dapat dihindari bahwa hidupnya akan senantiasa bertemu dengan matematika, baik itu dalam pembelajaran formal, non formal maupun dalam kehidupan praktis sehari-hari. Begitu pentingnya pengetahuan teori belajar matematika dalam sistem penyampaian materi di kelas, sehingga setiap metode pengajaran harus selalu disesuaikan dengan teori belajar yang dikemukakan oleh ahli pendidikan. Menurut Bruner, pembelajaran yang selama ini diberikan di sekolah lebih banyak menekankan pada perkembangan kemampuan analisis, kurang mengembangkan kemampuan berfikir intuitif. Padahal berfikir intuitif sangat penting bagi mereka yang menggeluti di bidang matematika, biologi, fisika, dan sebagainya, sebab setiap disiplin mempunyai konsep-konsep, prinsip, dan prosedur yang harus dipahami sebelum seseorang belajar. Cara yang baik untuk belajar adalah memahami konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai pada suatu kesimpulan (discovery learning). Penelitian ini difokuskan pada penerapan teori Bruner untuk meningkatkan hasil belajar matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memaparkan pembelajaran melalui penerapan teori Bruner untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang luas persegi panjang (2) memaparkan hasil belajar yang dicapai siswa tentang konsep luas persegi panjang melalui penerapan teori Bruner.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Desain penelitian ini bersifat kolaboratif, yaitu melibatkan semua orang yang bertanggung jawab untuk meningkatkan pendidikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik tes, wawancara, observasi, angket, catatan lapangan dan dokumentasi.
Berdasarkan temuan data, hasil penelitian ini: (1) penerapan teori Bruner pada pelajaran Matematika materi luas persegi panjang adalah pembelajaran yang meliputi tiga tahapan, yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir, (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan teori Bruner pada pelajaran Matematika materi luas persegi panjang, dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 89%.
Kata Kunci: teori Bruner, hasil belajar matematika.