PENDEKATAN PRAGMATIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

  • Adhis Ubaidillah Sekolah Tinggi Agama Islam Diponegoro Tulungagung

Abstract

ABSTRAK

Hal pokok dalam proses belajar mengajar di sekolah adalah peserta didik dapat mencapai hasil yang memuaskan. Namun dalam mencapai tujuan belajar masih sering kita jumpai peserta didik yang mengalami kesulitan ataupun mempunyai hambatan dalam proses belajarnya. Dalam proses pembelajaran, siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya. pada hakikatnya pendidikan seharusnya membuahkan hasil belajar berupa perubahan pengetahuan, dan keterampilan. Bukan hanya sebatas siswa mampu menulis dengan terampil dan membaca dengan lancar.  Salah satu pendekatan yang efektif dalam proses pembelajaran terutama pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat dasar yaitu pendekatan Pragmatik, yaitu merupakan salah satu pendekatan yang dapat dijadikan sebagai alat untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran terutama pembelajaran Bahasa Inggris. Pendekatan pragmatik dalam pembelajaran Bahasa Inggris ini menuntut siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Misalkan, peserta didik diarahkan untuk dapat memperkenalkan diri dan orang lain dalam suatu forum yang resmi. Dalam hal ini guru memberi arahan materi sebelum peserta didik mempraktikkan kompetensi tersebut. Dalam arahanya guru menyampaikan materi bahwa dalam memperkenalkan diri maupun orang lain kita harus memahami situasi yang ada dalam forum itu. Penerapan pendekatan pragmatik dirasa cukup menuai hasil yang baik. karena ada perubahan yang cukup signifikan terhadap kemampuan berbahasa siswa.

 

Kata kunci : Pragmatik, Bahasa Inggris

Published
2020-12-31