THE APLIKASI PEMBELAJARAN FACILITATOR AND EXPLANING NTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA GRAFIK FUNGSI KUADRAT KELAS X BDPM 1 SMKN 1 NGLEGOK

  • imam imam wahyudi SMKN 1 NGLEGOK BLITAR

Abstract

Kesulitan dalam mempelajari matematika  dirasakan oleh peserta didik karena guru hanya menerangkan, memberi contoh dan memberi latihan. Guru masih jarang sekali berkomunikasi dengan peserta didik. Hasil belajar peserta didik yang masih dibawah Standart Ketuntasan Minimal (SKM) dipengaruhi oleh guru itu sendiri, karena peserta didik merasa kurang menyukai pembelajaran yang diberikan oleh guru. Peserta didik hanya bisa  menghafal rumus saja.

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika melalui penarapan aplikasi pembelajaran facilitator and expliaining pada materi grafik fungsi kuadrat kelas X BDPM 1 SMK Negeri 1 Nglegok Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan pada permasalahan tersebut maka tujuan peneliti adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan aplikasi pembelajaran facilitator and explaining pada materi grafik fungsi kuadrat di kelas X BDPM 1  SMK Negeri 1 Nglegok Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas X BDPM 1  SMK Negeri 1 Nglegok Blitar. Sedangkan tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan aplikasi pembelajaran facilitator and explaining pada materi grafik fungsi kuadrat kelas X BDPM 1  SMK Negeri 1 Nglegok Blitar tahun pelajaran 2019/2020.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi gunanya untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman dan keaktivan peserta didik dengan metode yang telah diberikan peneliti, hasil tes akhir digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan peserta didik dalam belajar, teknik yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penafsiran skor acuan kriteria. Penafsiran skor acuan kriteria adalah pemberian nilai berdasarkan kemampuan peserta didik menyelesaikan soal-soal dari tes akhir.

Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa dengan menggunakan pembelajaran facilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dari hasil observasi diketahui terjadi peningkatan pada keaktivan peserta didik dalam pembelajaran, yaitu pada pertemuan pertama 60% menjadi 81% pada pertemuan kedua, dan pada pertemuan ketiga meningkat menjadi 90%. Sedangkan hasil belajar peserta didik 94,5% pada tes akhir secara klasikal. Dari sejumlah peserta didik sangat menyukai pembelajaran melalui pembelajaran facilitator and explaining dan berminat untuk diterapkan pada pembelajaran berikutnya.

Published
2020-12-31