BIMBINGAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU KEMANDIRIAN ANAK SEJAK DINI

  • Dyah Aris Susanti STAI Diponegoro Tulungagung

Abstract

Abstrak:

Kemandirian merupakan suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk melakukan dan merasakan sesuatu agar dapat mengatasi masalah, mengerjakan tugas, melakukan kemampuan fisik, dan mengambil keputusan dengan tingkat kemampuan yang tinggi. Maka kemandirian sangat penting dimiliki oleh setiap anak sebab jika anak memiliki sikap mandiri bisa membantu anak untuk menyelesaikan tugas-tugasnya secara mandiri.

Mengajarkan kepada anak untuk berperilaku mandiri harus dilakukan sejak usia dini. Alasannya adalah karena kemandirian berkaitan erat dengan karakter dan sikap anak di masa depan. Apabila dari kecil anak tidak dilatih untuk mandiri, kemungkinan besar anak akan tumbuh menjadi pribadi yang manja.

Perilaku mandiri juga dapat membangun rasa tanggung jawab yang tinggi pada anak. Dalam melatih kemandirian anak, guru harus ekstra sabar sebab memang tidak mudah mengajarkan anak-anak untuk berperilaku mandiri. Selain itu, melatih anak mengerjakan sesuatu terkadang membutuhkan proses yang berulang kali sampai pada akhirnya sang anak terbiasa untuk melakukannya.

Kata kunci : bimbingan guru, dan perilaku kemandirian anak

Published
2019-06-30