Behavior Analysis Of Chilli Traders: A Review Of Islamic Economic Sociology

  • Naning Fatmawatie Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
Keywords: Ekonomi, Islam, Perilaku, Pedagang, Sosiologi

Abstract

Latar Belakang. Kegiatan ekonomi tidak berdiri sendiri, tetapi banyak dipengaruhi oleh perilaku sosial yang mengelilingi terjadinya aksi ekonomi. Perhitungan ekonomi tanpa disadari mempengaruhi tindakan sosial. Demikian juga, tindakan ekonomi sering dipengaruhi oleh pengaturan sosial di mana tindakan ekonomi dilakukan. Sosiologi Ekonomi Islam adalah studi yang mempelajari hubungan antara masyarakat di mana interaksi sosial dan ekonomi terjadi.
Tujuan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku para pedagang cabai di pasar utama Pare dan perilaku para pedagang cabai di pasar utama Pare dalam hal sosiologi ekonomi Islam.
Metode.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil.
Perilaku pedagang tidak terpisahkan dari faktor untuk memenuhi kebutuhan hidup, mulai dari cara mendapatkan barang dagangan kemudian menjualnya. Cabai dijual dengan mencampur cabai yang baik dengan yang busuk, sehingga berat timbangan meningkat, perawatan harga untuk konsumen juga rata-rata tidak sama tergantung pada siapa pembelinya, jika pembeli terlihat dari luar kota, harga dinaikkan. Kebersihan pasar yang tidak dijaga menyebabkan bau menyengat, cabai dikemas dalam kantong plastik, sehingga konsumen tidak diberi memiliki kesempatan untuk melihat dengan bebas. Dipandang dari sosiologi ekonomi Islam, perilaku pedagang cabai di pasar utama Pare menunjukkan interaksi dengan beberapa pihak, termasuk: hubungan dengan petani, pembeli, pemerintah, dengan sesama pedagang cabai, dan hubungan dengan masyarakat sekitar.

References

Ahmad, Mustaq. (2005). Etika bisnis dalam Islam. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Azkia, Laila. (2018). Analisis sosiologi ekonomi pada tambang rakyat. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Sosiologi, 3(1).

Baron, Robert A et. al. (2003). Psikolgi sosial. Jakarta: Erlangga.

Beekun, Rafik Isa. (2004). Etika bisnis Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Damsar dan Indrayani. (2009). Pengantar sosilogi ekonomi. Jakarta: Kencana.

Emzir. (2011). Analisis data: Metode penelitian kualitatif. Bandung: Rajawali Press.

Faizal dan Herdri Noor. (2007). Ekonomi manajerial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fauzi, Syahrizal . (2017). Sosiologi ekonomi Islam. Jurnal Riset dan Kajian Keislaman. 6(1).

Ghofur, Abdul. (2017). Pengantar ekonomi syariah: Konsep dasar, paradigma, pengembanagan ekonomi syariah. Depok: Raja Grafindo Persada.

Halimah, Nur, Irham Zaki. (2020). Social capital management in improving community welfare. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 7(5).

Koni, A., Albayan, A., Hatta, I., & Kurniawan, W. (2020). Perilaku pedagang padi ditinjau dari sosiologi ekonomi Islam dan etika bisnis Islam. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 15(2), 215-223.

M Djunaidi Ghony dan Fauzan Almansur. (2014). Metode penelitian kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Margono. (2007). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Maryanto, Junaidi H. Matsum, F. Y. Khosmas. (2013). Analisis perilaku pedagang yang berjualan di Pasar Tradisional Dahlia Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(1).

Moleong, Lexi J. (2004). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mujahiddin, Akhmad. (2007). Ekonomi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Noor, Henry Faizal. (2013). Ekonomi publik. Padang: Akademia Permata.

Prastowo, Andi. (2012). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Qardhawi,Yusuf. (1997). Norma dan etika ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani Press.

Rozi, Muhammad Fachrur. (2016). Sosiologi ekonomi Islam. Purworejo: STIEF.

Ruswandi. (2013). Psikologi pembelajaran. Bandung: Cipta Pesona Sejahtera.

Siddiqi, Muhammad Nejatullah. (1996). Kegiatan ekonomi dalam Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Wazin. (2014). Relevansi Antara Etika Bisnis Islam dengan Perilaku Wirausaha Muslim (Studi tentang Perilaku Pedagang di Pasar Lama Kota Serang Provinsi Banten). Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 1(1) 1-19.

Zakiyah dan Bitang Wirawan. (2017). Pemahaman nilai-nilai syari’ah terhadap perilaku berdagang (Studi pada pedagang di Pasar Bambu Kuning Bandar Lampung). Jurnal Sociologie, 1, 325-335.

Published
2021-12-28
How to Cite
Fatmawatie, N. (2021). Behavior Analysis Of Chilli Traders: A Review Of Islamic Economic Sociology. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah, 9(2), 41-45. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tahdzib/article/view/4538
Section
Articles