Pengembangan dan Pelayanan Kepala Sekolah dalam Mempertahankan Nilai Prestasi Akademik

  • Muhammad Husni Institut Agama Islam Al Qolam Malang
Keywords: Development, Service, Principal

Abstract

In the effort of human empowerment, education plays an important role. Improving the quality of human a process related to of improving the quality of education. National education is faced with of the low quality of education, especially the level of primary and secondary education. Improving the quality of education continues to be carried out by various parties as an awareness of the importance of character education. The goal is to determine the performance of the Principal as a leader and provide services in improving achievement. The results of the study were that principals had provided services and supervision, and empowered their education personnel, supervised periodically and established cooperation and gave an example.

References

Sujak, Abi. 2009. Kepemimpinan, Manajer (Eksistensinya dalam Prilaku Organisasi). Jakarta: Rajawali Pers

Brata, Atep Adya. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Gramedia.

Narbuko, Cholid. 2007. Metodologi penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

David, freed R. 2006. Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat.

Cardoso, Gomes Faustino. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.

Permendiknas nomor 22 Tahun 2006 : Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Purwanto, M. Ngalim. 1998. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Qomar, Mujamil. 2007. Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Erlangga.

Arifin, M. 1996. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Thoha, Miftah. 1999. Kepemimpinan Dalam Manajemen Suatu Pendekatan Prilaku. Jakarta : PT. Grafindo Persada.

Mulyasa. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2001. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : PT. Remaja.

Mulyasa. 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moh. Uzer Usman & Lilis Setiawati. 1995. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, lexy J. 2010. Metodologi penelitian kuantitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fatah, Nanang. 1996. Landasan Elemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

PP No. 2 Tahun 2018.

Handoko, Reksoprodjo.1994. Organisasi Perusahaan Teori Struktur dan Perilaku. Yogyakarta: BPFE.

Badudu, Rizal. 2015. Pelayanan Pelanggan Yang Prima. Jakarta, Gramedia.

Atmodiwiro, Soebagyo. 2003. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya.

Soetjipto, Raflis Kosasi.2007. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutopo. 2006. Layanan Prima, Modul, Pendidikan Dan Pelatihan. Jakarta: LAN.

Sagala, Saiful. 2009. Manajemen Strategi dalam peningkatan mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hadi, Sutrisno. 2001. Metodologi Research. Jilid I. Yogyakarta: Andi Offset.

Sarjono, dkk. 2004. Panduan Penulisan Skripsi. Yogyakarta: Jurusan PAI Fak. Tarbiyah UIN.

Azwar, Saifuddin. 1999. Metode Penelitian. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umaedi. 1999. Manejemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Dirjen.

Wahjosumidjo. 1999. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Surakhmad, Winarto. 1998. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Riyanto, Yatim. 2010. Metologi Penelitian Dan Tindakkan Pendidikan. Surabaya:SIC.

Burhanudin, Yusak. 1998. Administrasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Published
2018-12-31
How to Cite
Husni, M. (2018). Pengembangan dan Pelayanan Kepala Sekolah dalam Mempertahankan Nilai Prestasi Akademik. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 51-76. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3526