Pengembangan dan Pelayanan Kepala Sekolah dalam Mempertahankan Nilai Prestasi Akademik

  • Muhammad Husni Institut Agama Islam Al Qolam Malang
Kata Kunci: Pengembangan, Pelayanan, Kepala Sekolah

Abstrak

Dalam upaya pemberdayaan manusia, pendidikan memainkan peran penting. Proses meningkatkan kualitas manusia sangat berkaitan dengan proses meningkatkan mutu pendidikan. Pendidikan Nasional dihadapkan pada rendahnya pendidikan, terutama tingkat pendidikan dasar dan menengah. Meningkatkan kualitas pendidikan terus dilakukan oleh berbagai pihak sebagai kesadaran akan pentingnya pendidikan karakter. Sasarannya adalah memastikan kinerja kepala sekolah sebagai pemimpin dan memberikan pelayanan dalam upaya meningkatkan prestasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah menyediakan layanan dan pengawasan, memberdayakan personel pendidikan mereka, mengawasi secara berkala, menjalin kerja sama dan memberi contoh.

Referensi

Sujak, Abi. 2009. Kepemimpinan, Manajer (Eksistensinya dalam Prilaku Organisasi). Jakarta: Rajawali Pers

Brata, Atep Adya. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Gramedia.

Narbuko, Cholid. 2007. Metodologi penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

David, freed R. 2006. Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat.

Cardoso, Gomes Faustino. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.

Permendiknas nomor 22 Tahun 2006 : Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Purwanto, M. Ngalim. 1998. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Qomar, Mujamil. 2007. Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Erlangga.

Arifin, M. 1996. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Thoha, Miftah. 1999. Kepemimpinan Dalam Manajemen Suatu Pendekatan Prilaku. Jakarta : PT. Grafindo Persada.

Mulyasa. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2001. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : PT. Remaja.

Mulyasa. 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moh. Uzer Usman & Lilis Setiawati. 1995. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, lexy J. 2010. Metodologi penelitian kuantitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fatah, Nanang. 1996. Landasan Elemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

PP No. 2 Tahun 2018.

Handoko, Reksoprodjo.1994. Organisasi Perusahaan Teori Struktur dan Perilaku. Yogyakarta: BPFE.

Badudu, Rizal. 2015. Pelayanan Pelanggan Yang Prima. Jakarta, Gramedia.

Atmodiwiro, Soebagyo. 2003. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya.

Soetjipto, Raflis Kosasi.2007. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutopo. 2006. Layanan Prima, Modul, Pendidikan Dan Pelatihan. Jakarta: LAN.

Sagala, Saiful. 2009. Manajemen Strategi dalam peningkatan mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hadi, Sutrisno. 2001. Metodologi Research. Jilid I. Yogyakarta: Andi Offset.

Sarjono, dkk. 2004. Panduan Penulisan Skripsi. Yogyakarta: Jurusan PAI Fak. Tarbiyah UIN.

Azwar, Saifuddin. 1999. Metode Penelitian. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umaedi. 1999. Manejemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Dirjen.

Wahjosumidjo. 1999. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Surakhmad, Winarto. 1998. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Riyanto, Yatim. 2010. Metologi Penelitian Dan Tindakkan Pendidikan. Surabaya:SIC.

Burhanudin, Yusak. 1998. Administrasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Diterbitkan
2018-12-31
Bagian
Articles