Manajemen Pendidikan Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam

Manajemen Pendidikan Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam

  • Mas'ud Mas'ud
Keywords: Islamic education, Islamic education function and role

Abstract

Pendidikan Islam adalah pemikiran dasar tentang  pendidikan secara umum yang diimbui nuansa dan pemikiran islami. Sistem yang komprehensif adalah ciri utama pendidikan Islam. Sebuah sistem yang struktural akan mengantarkan pola pendidikan Islam yang ideal. Berbicara mengenai sistem, segala aspek yang dilaksanakan oleh pelaksana akan dapat berjalan sistematis apabila mendapat kontrol dari pemimpinnya. Untuk itu, peran pemimpin dalam menjalankan sebuah organisasi sangat penting. Mengingat fungsi dan peranannya, kepemimpinan Islam hendaknya dapat mewarnai pendidikan Islam itu sendiri sehingga tujuan pendidikan Islam akan tercapai secara optimal.

References

Bambang Ismaya, Pengelolaan Pendidikan, Bandung: PT Refika Aditama, 2015.
Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2014.
Donni Juni Prianisa, Kinerja dan Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta, 2014.
Uhar Suharsaputra, Kepemimpinan Inovasi Pendidikan mengembangkan spirit entrepreneurship menuju learning school, (Bandung: PT Refika Aditama, 2016.
Engkoswara dan Aan Komariah, Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2015.
Sudarwan, Kepemimpinan Pendidikan, kepemimpinan jenius (IQ-EQ), etika, perilaku, motivasional dan mitos, Bandung: Alfabeta, 2012.
Published
2020-11-27
How to Cite
Mas’ud, M. (2020). Manajemen Pendidikan Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ats-Tsaqofi, 2(2), 1-7. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tsaqofi/article/view/4156
Section
Articles