ARABIC VOCABULARY TEACHING MATERIALS’ DEVELOPMENT FOR KINDERGARTEN CHILDREN

  • Iis Makhisoh Sekolah Tinggi Agama Islam At-Tahdzib
  • Nur Lathifah

Abstract

Pengajaran bahasa Arab membutuhkan cara yang dapat memudahkan siswa memahami dan menguasai materi. Oleh karena itu, perlu adanya strategi pembelajaran yang mendorong siswa untuk belajar bahasa Arab. Salah satu cara untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar adalah dengan metode interaktif. Tujuan dari penelitian ilmiah ini adalah mengembangkan materi kosakata bahasa Arab untuk anak TK. Penelitian ilmiah ini mengembangkan materi kosakata bahasa Arab untuk Taman Kanak-kanak. Tempat penelitian berada di Taman Kanak-kanak “Perwanida”. Metode penelitian ini diawali dengan investigasi tentang kebutuhan bahan ajar bahasa Arab di Taman Kanak-kanak “Perwanida”, dan setelah itu terciptanya bahan ajar berbentuk media audio visual Pada bagian akhir penelitian ilmiah ini, dihasilkan materi audio vusial yang dapat dipergunakan untuk mengenalkan bahasa Arab pada tahap taman kanak-kanak.

References

Ainin, Moh. 2003. Prinsip-prinsip Penyusunan Materi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak. Jurnal bahasa, sastra, seni dan pengajarannya. JSA FS UM.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Muhaiban .2002. Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak. Makalah Tidak diterbitkan. Malang: Fakultas sastra UM.

Mukmini, Siti. 2002. Bahasa Inggris Metode dan Waktu yang Tepat untuk Memulainya. Dalam Hardywinoto & Setiabudhi, Tony (Eds.), Anak Unggul Berotak Prima (hlm. 83-94). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Bekerja sama dengan PUSKA UI.

Nurhidayati & Ridwan, Nur Anisah. 2005. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak. Malang: Program Due-Like Jurusan Sastra Arab UM.

Rusyan, Tabrani A., Kusdinar, Atang, dan Arifin, Zainul. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya Offset.

Surakhmad, Winarno. 1986. Pengantar Interaksi Belajar-Mengajar. Bandung: Tarsito.

Published
2020-12-01
How to Cite
Makhisoh, I., & Lathifah, N. (2020). ARABIC VOCABULARY TEACHING MATERIALS’ DEVELOPMENT FOR KINDERGARTEN CHILDREN. Jurnal Ats-Tsaqofi, 2(2), 22-29. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tsaqofi/article/view/4307
Section
Articles