Efektifitas Penerapan Metode Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Meningkatkan Pemahaman Bacaan Di Madrasah Diniyah Ulul Albab Blaru Badas Kediri

  • Ibnu Mas'ud Luthfi Sekolah Tinggi Agama Islam At-Tahdzib

Abstract

Dalam mengajar bahasa khususnya bahasa Arab, hendakanya guru menggunakan metode pengajaran yang sesuai dengan materi pengajaran dan kemampuan siswa agar proses belajar mengajar belajar dapat berjalan efektif, efesien dan menyenangkan.

Metode Team Assisted Individualization (TAI) merupakan salah satu tipe dari pembelajaran kooperatif, yaitu pengajaran individual dibantu oleh kelompok. Melalui metode tersebut, guru dapat mengarahkan siswa pada kerjasama kelompok yang bersifat heterogen untuk menyelesaikan tugas kelompok yang sudah disiapkan oleh guru dan selanjutnya diikuti dengan pemberian bantuan secara individu bagi siswa yang memerlukannya.

Oleh karena itu, penulis mengajukan judul tersebut untuk mengetahui beberapa persoalan yang penulis kaji dalam skripsi ini, yaitu : Bagaimana penerapan metode TAI dalam meningkatkan pemahaman bacaan Di Madrasah Diniyah Ulul Albab Blaru Badas Kediri, Bagaimana kemampuan bacaan siswa dan bagaimana efektifitas penerapan metode TAI dalam meningkatkan pemahaman bacaan Di Madrasah Diniyah Ulul Albab Blaru Badas Kediri

Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif. Selanjutnya untuk memperoleh data yang di inginkan penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes uji coba sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian uji coba (eksperiemen), yaitu dengan memberikan pretest-posttest sebelum dan sesudah perlakuan (treatment) di berikan.

Hasil penelitian ini adalah, penulis menemukan bahwa : Penerapan metode Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan pemahaman bacaan Di Madrasah Diniyah Ulul Albab Blaru Badas Kediri tergolong baik karena disamping guru menggunakan metode yang variatif dalam mengajar, di sekolah juga terdapat sarana pembelajaran seperti Lab Bahasa, Televisi, Perpustakaan dan lain-lain. Adapun kemampuan bacaan siswa Di Madrasah Diniyah Ulul Albab Blaru Badas Kediri berbeda-beda, yaitu sebagaian dari mareka ada yang mahir dan ada juga yang lambat dalam memahi materi yang di berikan oleh guru. Sedangkan penggunaan metode Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan pemahaman bacaan tergolong efektif, hal tersebut dapat dilihat dari hasil pretest-posttest yaitu 233-286 dan dari hasil analisa data melalui rumus uji t yaitu 9,71, hasil tersebut menunjukkan adanya perubahan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.

References

عبد الله, عمر الصديق, 2008. تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها الطرق-الأسالب-الوسائل. الجيزة: الدر العالمية للنشر والتوزيع
عليان، أحمد فؤاد محمود. 1992. المهارات اللغوية ماهيتها وطرائق تدريسها. الرياض: دار المسلم للنشر والتوزيع
حسين, مختار الطاهر, 2011. تعليم اللغة العربية لغير الناطقين بها فى ضوء المناهج الحديثة, الدار العالمية للنشر والتوزيع
الناقة, محمود كامل, 1985. تعليم اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى أسسه-مداخله-طرق تدريسه. مكة المكرمة: جامعة أم القرى
البشير, محمد مزمل , 1995, مدخل إلى المناهج وطرق التدريس, الرياض:دار اللواء للنشر والتوزيع
مصطفى عبد العزيز، ناصف، الألعاب اللغوية في تعليم اللغات الأ جنبية مع أمثلة في تعليم اللغة العربية لغير الناطقين بها. الرياض :دار المريح.
سعد عمر, سيف الإسلام, الموجز في منهج الحث العلمي في التربية والعلوم الإنسانية, دار الفكر
دويدري ،رجاء وحيد ،2008، البحث العلمي ، أساسية النظرية وممارسته العلمية ،دمشق : دار الفكر.

المراجع الإندونيسية

Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta
Fuad Effendy, Ahmad, 2009, Metodologi pembelejaran Bahasa Arab. Malang: Al-Misykat
Hamid, Moh. Sholeh , 2014, Metode Edutainment, Jogjakarta:Diva Press, Cet 6
Hasan, M. Iqbal, 2002, Metode Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta : Ghalia Indonesia
Hermawan, Acep, 2014, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung:Pt Remaja Rosdakarya
Mufarrokah, Anisatul , 2009, Strategi Belajar Mengajar, (Yogyakarta: Teras)
Nailur Rahmawati, Fathul Mujib ,2013 Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab 2, (Yogyakarta: DIVA Press)

Nur Hamiyah, Muhammad Jauhar, 2014Strategi Belajar Mengajar Di Kelas (Jakarta: Prestasi Pustaka)
Nuha, Ulin, 2016, Ragam Metodologi Dan Media Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta:Diva Press, Cet 1
Sudijino, Anas, 2014, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta:Rajawali Pers
Sudiyono,dkk., 2006.,Stategi Pembelajaran Partisipatori diperguruan tinggi, Malang: Uin Press
Sugiono, 2016, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung:Alfabeta
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R &D, (Bandung : Alfabeta)
Sujana, Nana Ibrahim, 2012, Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, Bandung:Sinar Baru Algensindo
Sukmadinata, Nana Syaodih, 2009, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offest
Wahab Rosyidi, Abdul, 2009, Media Pembelajaran Bahasa Arab, (Uin Malang Press).
Published
2021-06-22
How to Cite
Ibnu Mas’ud Luthfi. (2021). Efektifitas Penerapan Metode Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Meningkatkan Pemahaman Bacaan Di Madrasah Diniyah Ulul Albab Blaru Badas Kediri. Jurnal Ats-Tsaqofi, 3(1), 84-96. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tsaqofi/article/view/4404
Section
Articles