MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA LITERASI PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MAN 5 JOMBANG TAHUN AJARAN 2021/2022)

  • Moh. Ifan Fahmi Sekolah Tinggi Agama Islam At-Tahdzib
  • Syaiful Alim Sekolah Tinggi Agama Islam At-Tahdzib Jombang
  • Umar Hadi Sekolah Tinggi Agama Islam At-Tahdzib

Abstract

Manajemen kurikulum merupakan hal yang signifikan dalam menentukan keberhasilan dalam pelaksanaan pendidikan. Selain itu, manajemen kurikulum mempunyai peran penting dalam upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efesien mengingat fakta bahwa pada dasarnya madrasah adalah kerangka kerja yang mencakup berbagai bagian dan berbagai latihan yang harus dikelola dengan sebaik mungkin. Maka peneliti berinisiatif untuk mengadakan penelitian dengan fokus: Manajemen kurikulum dalam mengembangkan budaya literasi peserta didik di MAN 5 Jombang, yang meliputi: 1) Konsep manajemen kurikulum dalam mengembangkan budaya literasi peserta didik; 2) Strategi manajemen kurikulum dalam mengembangkan budaya literasi peserta didik; 3) faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan budaya literasi peserta didik.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi melalui sumber data manusia dan nonmanusia. Analisis dilakukan selama pengumpulan data dan sesudah seluruh data terkumpul. Uji keabsahan data dilakukan dengan standar kredibilitas.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konsep manajemen kurikulum dalam mengembangkan budaya literasi peserta didik di MAN 5 Jombang dikemas dengan program baca, nulis, dan budaya. 2) Strategi manajemen kurikulum yang dilakukan MAN 5 Jombang dalam mengembangkan budaya literasi peserta didik telah dilaksanakan dengan baik melalui pembiasaan membaca dan memberikan pelatihan kemandirian 3) Faktor pendukung budaya literasi meliputi: Dicetuskannya MAN 5 Jombang sebagai madrasah literasi, dukungan penuh dari kepala madrasah, pembina literasi yang mumpuni, minat siswa yang tinggi, dan terdapat banyak guru bahasa. Faktor penghambat meliputi: Minimnya dana yang tersedia, minimnya sarana pendukung seperti tempat, internet, dan computer, dan kurangnya pembaharuan buku-buku diperpustakaan.

References

Abidin, Yunus dkk. 2018. Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Antoro, Billy. 2017. Gerakan Literasi Sekolah dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ariyanti dkk, 2016. Bahasa Ibu Sebagai Sumber Budaya Literasi. Bandung: Unpad Press.
Baharuddin Dan Makin, Moh. 2010. Manajemen Pendidikan Islam, Transformasi Menuju Sekolah/Madrasah Unggul. Malang: UIN-MALIKI PRESS.
Barnawi dan Arifin, M. 2017. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Budio, Sesra. 2019. “Startegi Manajemen Sekolah”, Jurnal Menata, Vol. 2, No. 2.
Hamiyah, Nur Dan Jauhari, Mohammad. 2015. Pengantar Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Hartono, Jugiyanto. 2018. Metode Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Yogyakarta: CV Andi Offse.
Ibrahim Nasbi, 2017 “Manajemen Kurikulum”, Jurnal Idaarah, Vol. 1, No.2
Kemendikbud. 2016. Gerakan Literasi Untuk Tumbuhkan Budaya Literasi. Jakarta: Kemendikbud.
Kementrian Agama RI. 2014. Mushaf Al-Qur’an Tajwid dan Terjemah. Solo: Abyan.
Moleong, Lexy J. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Padmadewi, Ni Nyoman dan Artini, Luh Putu. 2018. Literasi Di Sekolah dari Teori ke Praktik. Bandung: Nilacakra Publishing House.
Raco, J. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik, dan keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sayuti, Ahmad. 2021. Strategi Manajemen Kurikulum Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Al Fatih, Vol. 1, No. 2
Setiad, M, Elly, dkk. 2017. Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana.
Shulhan, Muwahid Dan Soim. 2009. Manajemen Pendidikan Islam, Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Siyoto, Sandu dan Sodik, Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Suci, Rahayu Puji. 2015. Esensi Manajemen strategi. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta CV.
Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam Konsep, Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.
Suwandi, Sarwiji. 2019. Pendidikan Literasi. Bandung: PT Remaja Rosdajarya.
Undang Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 ayat 19.
Wawancara, Kiswati, Koordinator literasi, Jombang, tanggal 17 Januari 2022.
Wawancara, Ahmad Mudzakkir, Kepala Madrasah Aliyah Negeri 5 Jombang, Jombang, tanggal 11 Januari 2022.
Wawancara, Nachrowi, Waka Kurikulum, Jombang, tanggal 8 Januari 2022.
Wawancara, Dinda Nur Jannah, Ketua literasi siswa, Jombang, tanggal 31 Januari 2022.
Published
2021-12-07
How to Cite
Moh. Ifan Fahmi, Alim, S., & Umar Hadi. (2021). MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA LITERASI PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MAN 5 JOMBANG TAHUN AJARAN 2021/2022) . Jurnal Ats-Tsaqofi, 3(2), 34-44. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tsaqofi/article/view/5193
Section
Articles