CITRA LEMBAGA KEUANGAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PEMILIHAN PEMBIAYAAN RAHN DI KOPERASI

  • Mohammad Maghfur

Abstract

ABSTRAK
Tujuan Artikel ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Faktor Citra Lembaga Keuangan dan Kualitas Pelayanan Terhadap PemilihanPembiayaan Rahn Di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Mitra Usaha Ideal (MUI) Jawa Timur.
Lahirnya Di koprasi ini menjadi harapan baru bagi masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan kemaslahatan masyarakat dalam akses keuangan syariah. Hal tersebutlah yang menjadikan Di koprasi berkembang pesat. Sejak berdiri, Di koprasi banyak memiliki kekuatan, tantangan, peluang dan hambatan baik dari sisi internal maupun eksternal. Pertumbuhan asset yang signifikan di DI KOPRASIJatim Rp. 8.997.487.962 (delapan milyar sembilan ratus sembilan puluh tujuh juta empat ratus delapan puluh tujuh ribu sembilan ratus enam puluh dua rupiah) Kelembagaan DI KOPRASIJatim didukung oleh pengelola dan pengurus yang solid. Pengembangan jumlah kantor cabang yang berada di Menganti, Sekapuk, Sidayu, Surabaya, Manyar, Dukun dan lainya menjadi peluang dan tantangan bagi DI KOPRASIJatim untuk memperoleh lebih banyak anggota dan deposan. Adapun hambatan yang mungkin dirasakan oleh DI KOPRASIJatim adalah kurangnya pemahaman masyarakat terhadap apa itu koperasi syariah, sehingga terkadang masyarakat lebih memilih koperasi konvensional daripada koperasi syariah. Karena dirasa proses koperasi syariah lebih rumit daripada bank konvensional.

Kata kunci: citra lembaga keuangan, kualitas pelayanan dan keputusan pembiayaan Rahn Di koprasi

Published
2018-08-23
How to Cite
Maghfur, M. (2018). CITRA LEMBAGA KEUANGAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PEMILIHAN PEMBIAYAAN RAHN DI KOPERASI. Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine), 4(2), 161-180. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qiema/article/view/3372
Section
Articles