INTERELASI EKONOMI DAN TEKNOLOGI

  • Muhammad Ala'uddin Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik
Keywords: Interelasi, Ekonomi dan Teknologi.

Abstract

Pertumbuhan teknologi ini tentu bertujuan untuk memudahkan kehidupan. Kita bisa lebih menghemat waktu dan tenaga. Tapi apakah kecanggihan teknologi ini benar-benar murni mengandung mashlahah (kebaikan) bagi manusia atau masih ada sisi mafsadah (kerusakan)? Dalam artian apakah kemajuan teknologi selaras dan seirama dengan Syariat yang mengklaim sebagai ajaran yang berlaku sepanjang masa? Dari sini penulis ingin meneliti sejauh mana hubungan antara Islam dengan Ekonomi dan Teknologi.

Keistimewaan Islam karena selain berlandaskan wahyu juga memberikan porsi yang cukup banyak bagi akal manusia untuk menentukan hukum bagi hal-hal yang tidak termaktub secara langsung dalam wahyu yang tentunya harus mengaca kepada wahyu serta mengacu kepada tujuan-tujuan syariat, yakni kemashlahatan bagi seluruh semesta. Wahyu, maqashid syariah serta akal merupakan dasar pengembangan peradaban dan kebudayaan Islam, terutama kemajuan teknologi dan ekonomi yang akan teus berkembang seiring dengan perkembangan manusia. Para Ulama` sudah merumuskan metodologinya, kita tinggal menerapkannya. Dengan demikian maka kejayaan dan kegemilangan umat Islam akan terulang kembali.

 

Kata Kunci: Interelasi, Ekonomi dan Teknologi.

Published
2022-02-27
How to Cite
Ala’uddin, M. (2022). INTERELASI EKONOMI DAN TEKNOLOGI. Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine), 8(1), 23-35. https://doi.org/10.36835/qiema.v8i1.3771
Section
Articles