MEMOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN E-LEARNING

  • Pusvyta Sari INSTITUT PESANTREN SUNAN DRAJAT (INSUD) LAMONGAN JAWA TIMUR

Abstract

Motivasi belajar memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan dalam belajar peserta didik. Untuk itu guru perlu menemukan cara yang tepat dalam memberikan motivasi belajar. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Pada era teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang dengan pesat ini, e-learning menjadi alternatif pilihan untuk diterapkan dalam pembelajaran. Mengingat kelebihan dan kelemahan e-learning, tulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan cara-cara yang dapat dipilih untuk memaksimalkan manfaat e-learning guna memotivasi peserta didik.

References

Alessi, S.M. & Trollip, S.R. (2001). Multimedia for learning: methods and development (3th edition). Massachusetts: Allyn&Bacon A Pearson Education Company.

Anderson, T. & Elloumi, F. (2004). Theory and practice of online learning. Athabasca: Athabasca University.

Conrad, K. & TrainingLinks. (2000). Instructional design for web-based training. Amherst: HRD Press.

Hamzah B. Uno. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya, analisis di bidang pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Herman Dwi Surjono. (2010). Membangun course e-learning berbasis moodle. Yogyakarta: UNY Press

Made Wena. (2010). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Moore, K. D. (2009). Effective instructional strategies from theory to practice 2nd edition. Los Angeles: SAGE Publications, Inc.

Munir. (2009). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Penerbit Alfabeta

Oos M. Anwas. (2003). Model inovasi e-learning dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Teknodik, No 12/VII/Oktober/2003, 28-43.

Santrock, J. W. (2010). Psikologi pendidikan, edisi kedua. Diterjemahkan dari judul asli Educational psychologi, 2nd edition oleh Tri Wibowo B.S. Jakarta: Prenada Media Group.

Soekartawi. (2003). Prinsip dasar e-learning teori dan aplikasinya di Indonesia. Jurnal Teknodik, No.12/VII/TEKNODIK/Oktober 2003, 5-27.

Sudarwan Danim & Khairil. (2010). Pedagogi, andragogi dan heutagogi. Bandung: Alfabeta.

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Uwes A. Chaeruman (2008). Mendorong penerapan e-learning di sekolah. Jurnal Teknodik, Vol. 12 No 1 Juni 2008, 26-32.

Yuan, Z. (2007). Problems in researching e-learning: the case of computer assisted language learning. The sage handbook of e-learning research. London: SAGE Publications Ltd.

Published
2015-09-01