KISAH KISAH DALAM AL QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN NILAI NILAI PENDIDIKAN ISLAM

  • Muhammad Iqba Nashrullah Magister PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Kisah Dalam Al-Qur’an, Nilai Nilai Pendidikan Islam

Abstract

Al qur’an diturunkan di bumi melalui nabi Muhammad tidak serta merta berisi petunjuk kepada umat manusia untuk beribadah kepada allah Swt Semata. Al qru’an diturunkan di bumi memiki banyak petunjuk dan manfaat untuk kehidupan manusia di muka bumi, salah satunya yang ada dalam isi al qur’an adalah tentang nilai nilai pendidikan yang terkandung didalamnya. dalam pembahasan jurnal ini diuraikan tentang kisah kisah dalam al qur’an dan relevansinya terhadap nilai nilai pendidikan agama islam. Jurnal ini merupakan hasil dari analisis penulis mengenai keterkaitan kisah kisah yang terdapat dalam al qur’an dengan nilai nilai pendidikan agama islam. Hasl analisis yang diperoleh dari pembahasan ini adalah nilai nilai pendidikan agama islam meliputi masalah keimanan (aqidah), masalah keislaman (syariah), dan masalah ikhsan (akhlak). Relevansi kisah kisah dalam al qur’an dengan pendidikan islam yang telah dijelaskan diatas yaitu nilai aqidah/ keimanan di surat: al baqarah ayat 155-1557, luqman ayat 13, al qamar ayat 34 dan nilai ibadah/syariah dalam surat: shafat ayat 103-107, as shad ayat 41- 44. Dan nilai pendidikan akhlak pada surat: yusuf ayat 84-87, dhuha ayat 9-11, luqman ayat 12-19. Allahab 1-5.

References

Abdullah, Abdurahman Saleh. 2005. Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Quran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Muhammad Fuad Abdul Baqi. 2001. al-Mu’jam al-Mufahras li-Alfadz al-Qur’an al-Karim, Dar Al-Hadits, Kairo.

Hadi, A. Soedomo,2012, Logika Filsafat Berfikir, Surakarta: LPP UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS PRESS

Hasbi Ash Shiddieqy,1979, Ilmu-ilmu Al-Quran, Bulan Bintang,

Latif, Mukhtar, 2014, Buku Filsafat Ilmu, Jakarta: Kencana

Manna Al-Qathan,1977, Mahabits fi Ulum Al-Quran, Mesir: Dar al-Maarif

M. Quraish Shihab, 2007, Wawasan Al-Qur’an,Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat,Bandung: Mizan Pustaka

Mikhael Dua, A. Sonny Keraf, 2001, Ilmu Pengetahuan Sebuah Tinjauan Filosofis, Yogyakarta: Kanisius

Muhammad al Majzub,1971, Nudhoriyat Yahliliyat fi al-Qishas Al-Quran, Beirut: Madrasah arrisalah
Muhajir, As'aril. 2011. Ilmu Pendidikan Perspektif Kontekstual. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Salam, Burhanuddin , 1988, Logika Formal (Filsafat Berfikir),Jakarta:Binaaksara

Sayid Qutb,2004, Indahnya Al-Qur’an Berkisah. Jakarta: Gema Insani

Soekadijo, R. G., 1994, Logika Dasar, Tradisional, Simbolik dan Induktif,
Jakarta: Gramedia Pustaka

Suriasumantri, Jujun S., 2003,Filsafat Ilmu, Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Syam, Nina W., 2011, Filsafat sebagai Akar ilmu Komunikasi, Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Syamsudin, Sahiron. 2010. Studi Al Qur’an metode dan konsep. Yogyakarta: Elsaq Press
Zubaedi, 2007, Filsafat Barat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Zuhairini, Dkk. 2004. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.
Published
2020-01-23
How to Cite
Nashrullah, M. I. (2020). KISAH KISAH DALAM AL QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN NILAI NILAI PENDIDIKAN ISLAM. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(1), 127-146. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3971

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.