KISAH KISAH DALAM AL QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN NILAI NILAI PENDIDIKAN ISLAM
Keywords:
Kisah Dalam Al-Qur’an, Nilai Nilai Pendidikan Islam
Abstract
Al qur’an diturunkan di bumi melalui nabi Muhammad tidak serta merta berisi petunjuk kepada umat manusia untuk beribadah kepada allah Swt Semata. Al qru’an diturunkan di bumi memiki banyak petunjuk dan manfaat untuk kehidupan manusia di muka bumi, salah satunya yang ada dalam isi al qur’an adalah tentang nilai nilai pendidikan yang terkandung didalamnya. dalam pembahasan jurnal ini diuraikan tentang kisah kisah dalam al qur’an dan relevansinya terhadap nilai nilai pendidikan agama islam. Jurnal ini merupakan hasil dari analisis penulis mengenai keterkaitan kisah kisah yang terdapat dalam al qur’an dengan nilai nilai pendidikan agama islam. Hasl analisis yang diperoleh dari pembahasan ini adalah nilai nilai pendidikan agama islam meliputi masalah keimanan (aqidah), masalah keislaman (syariah), dan masalah ikhsan (akhlak). Relevansi kisah kisah dalam al qur’an dengan pendidikan islam yang telah dijelaskan diatas yaitu nilai aqidah/ keimanan di surat: al baqarah ayat 155-1557, luqman ayat 13, al qamar ayat 34 dan nilai ibadah/syariah dalam surat: shafat ayat 103-107, as shad ayat 41- 44. Dan nilai pendidikan akhlak pada surat: yusuf ayat 84-87, dhuha ayat 9-11, luqman ayat 12-19. Allahab 1-5.References
Abdullah, Abdurahman Saleh. 2005. Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Quran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Muhammad Fuad Abdul Baqi. 2001. al-Mu’jam al-Mufahras li-Alfadz al-Qur’an al-Karim, Dar Al-Hadits, Kairo.
Hadi, A. Soedomo,2012, Logika Filsafat Berfikir, Surakarta: LPP UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS PRESS
Hasbi Ash Shiddieqy,1979, Ilmu-ilmu Al-Quran, Bulan Bintang,
Latif, Mukhtar, 2014, Buku Filsafat Ilmu, Jakarta: Kencana
Manna Al-Qathan,1977, Mahabits fi Ulum Al-Quran, Mesir: Dar al-Maarif
M. Quraish Shihab, 2007, Wawasan Al-Qur’an,Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat,Bandung: Mizan Pustaka
Mikhael Dua, A. Sonny Keraf, 2001, Ilmu Pengetahuan Sebuah Tinjauan Filosofis, Yogyakarta: Kanisius
Muhammad al Majzub,1971, Nudhoriyat Yahliliyat fi al-Qishas Al-Quran, Beirut: Madrasah arrisalah
Muhajir, As'aril. 2011. Ilmu Pendidikan Perspektif Kontekstual. Yogyakarta: Ar-ruz Media.
Salam, Burhanuddin , 1988, Logika Formal (Filsafat Berfikir),Jakarta:Binaaksara
Sayid Qutb,2004, Indahnya Al-Qur’an Berkisah. Jakarta: Gema Insani
Soekadijo, R. G., 1994, Logika Dasar, Tradisional, Simbolik dan Induktif,
Jakarta: Gramedia Pustaka
Suriasumantri, Jujun S., 2003,Filsafat Ilmu, Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Syam, Nina W., 2011, Filsafat sebagai Akar ilmu Komunikasi, Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Syamsudin, Sahiron. 2010. Studi Al Qur’an metode dan konsep. Yogyakarta: Elsaq Press
Zubaedi, 2007, Filsafat Barat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Zuhairini, Dkk. 2004. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.
Muhammad Fuad Abdul Baqi. 2001. al-Mu’jam al-Mufahras li-Alfadz al-Qur’an al-Karim, Dar Al-Hadits, Kairo.
Hadi, A. Soedomo,2012, Logika Filsafat Berfikir, Surakarta: LPP UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS PRESS
Hasbi Ash Shiddieqy,1979, Ilmu-ilmu Al-Quran, Bulan Bintang,
Latif, Mukhtar, 2014, Buku Filsafat Ilmu, Jakarta: Kencana
Manna Al-Qathan,1977, Mahabits fi Ulum Al-Quran, Mesir: Dar al-Maarif
M. Quraish Shihab, 2007, Wawasan Al-Qur’an,Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat,Bandung: Mizan Pustaka
Mikhael Dua, A. Sonny Keraf, 2001, Ilmu Pengetahuan Sebuah Tinjauan Filosofis, Yogyakarta: Kanisius
Muhammad al Majzub,1971, Nudhoriyat Yahliliyat fi al-Qishas Al-Quran, Beirut: Madrasah arrisalah
Muhajir, As'aril. 2011. Ilmu Pendidikan Perspektif Kontekstual. Yogyakarta: Ar-ruz Media.
Salam, Burhanuddin , 1988, Logika Formal (Filsafat Berfikir),Jakarta:Binaaksara
Sayid Qutb,2004, Indahnya Al-Qur’an Berkisah. Jakarta: Gema Insani
Soekadijo, R. G., 1994, Logika Dasar, Tradisional, Simbolik dan Induktif,
Jakarta: Gramedia Pustaka
Suriasumantri, Jujun S., 2003,Filsafat Ilmu, Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Syam, Nina W., 2011, Filsafat sebagai Akar ilmu Komunikasi, Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Syamsudin, Sahiron. 2010. Studi Al Qur’an metode dan konsep. Yogyakarta: Elsaq Press
Zubaedi, 2007, Filsafat Barat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Zuhairini, Dkk. 2004. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.
Published
2020-01-23
How to Cite
Nashrullah, M. I. (2020). KISAH KISAH DALAM AL QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN NILAI NILAI PENDIDIKAN ISLAM. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(1), 127-146. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3971
Section
Articles
Copyright (c) 2020 al-Hikmah : Jurnal Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.