PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA MTs NW AIK MEL BARAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Helmi Najamudin Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur

Abstract

Hasil pengamatan awal dan informasi dari guru dibeberapa Madrasah Kabupaten Lombok Timur mengindikasikan adanya bentuk perilaku yang mengarah pada prilaku negatif. Hal ini tentunya membutuhkan pengawasan dan bimbingan bagi orang tua kepada anak agar perkembangan anak bisa terarah pada hal yang positif dengan cara menerapkan pola asuh yang baik bagi anak. Permasalahn dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa MTS NW Aikmel Barat Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa MTS NW Aik Mel Barat Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif korelasional. Data yang diambil dalam proses penelitian menggunakan skala psikologi yang dituangkan dalam bentuk angket skala likert empat pilihan jawaban dengan analisis data menggunakan rumus korelasi produk momen dan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua yang diterapkan oleh orang tua Siswa MTS NW Aik mel Barat lebih mendominasi pada pola asuh demokratis dengan perolehan sebesar (58,70%). Sedangkan pengaruhnya terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa tergolong tinggi. Dari analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa pola asuh orang tua yang diterapkan lebih mendominasi pada pola asuh demokratis dengan pengaruh pada kategori tinggi.    

References

DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman Maman,2012, Dasar- Dasar Statistik Pendidikan. Bandung, Pustaka Setia

Arikunto Suharsimi, 2013,Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Azwar, Saepudin, 2014, Penyusunan Skala Psikologi: Edisi II. Yogyakarta,
Pustaka Pelajar.

Baumrind Diana, 1991, “The influence of parenting style on adolescent competence and substance use,” The Journal of Early Adolescence,11(3) 56-95.

Danim, 2002, Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Ernawat 2014,Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta, Rineka Cipta.

Hurlock 1998, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Depdikbud

Novasari dan Suwanda, 2016, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku
Sosial (Studi Pada Siswa Kelas X SMKN 5 surabaya), Journal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 03 , 1991-2005

Marsiyanti dan Harahap, 2000). Psikologi Keluarga. Yogyakarta: FIP UNY.

Machali Imam, 2016, Statistik Manajemen Pendidikan ( Teori Dan Praktik Statistik Dalam Bidang Pendidikan, Penelitian, Ekonomi, Bisnis Dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya).

Kartowagiran dan Jaedun, 2016, Model Asesmen Autentik Untuk Menilai Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP): Implementasi Asesmen Autentik di SMP, Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan (HEPI) 20 (2). 131-141.

Shochib Moh, 2014, Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri, Jakarta Rineka Cipta.

Sukardi, 2012,Metodologi Penelitian. Jakarta, Bumi Aksara.

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak, Edisi Ketujuh, Jilid Dua. (Alihbahasa: Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti), Jakarta, Penerbit Erlangga.

Semiawan Conny, 1999, Perkembangan dan Belajar Peserta Didik. Jakarta, Departeman Pendidikan dan Kebudayaan. Yogyakarta: Kukaba Dipantara (Anggota Ikapi)

Tilar. (2012), Kaledioskop Pendidikan Nasional, Jakarta, PT. Kompas Media Nusantara
Published
2021-09-27
How to Cite
Helmi Najamudin. (2021). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA MTs NW AIK MEL BARAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 2(3), 102-112. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v2i3.4288

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.