IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS QURANI DI MTS AL-BAQIYATUSSHALIHAT NW SANTONG

  • Saharudin Saharudin Universitas Muhammadiyah Malang

Abstract

Ilmu-ilmu tentang kependidikan yang dijadikan rujukan dalam pengembangan dunia pendidikan di Indonesia, lebih banyak bersumber pada konsep-konsep dan teori-teori pendidikan Barat yang menganut sistem pendidikan liberal dan sekuler, terlebih konsep tersebut digunakan juga dalam pengajaran pendidikan Agama Islam. Di negara negara Barat pelajaran agama tidak diajarkan di sekolah-sekolah umum karena bagi mereka pendidikan agama merupakan tanggung jawab keluarga secara personal. Berbeda halnya dengan di Indonesia, pelajaran agama menjadi tanggung jawab kolektif sehingga perwujudannya dilakukan melalui lembaga-lembaga formal pendidikan mulai dari tingkat TK sampai perguruan tinggi sesuai dengan amanat Undang-Undang sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Sehingga menjadi janggal jika guru-guru agama Islam mengajarkan dengan merujuk pada konsep pendidikan dari Barat. Untuk itu dalam penelitian ini menawarkan pendidikan Agama Islam yang secara ansich konsep dan metodenya bersumber dari Alquran sebagaimana yang telah dilaksanakan di MTs Al-Baqiyatusshalihat NW Santong

References

Ahmadi, Abu, H. Strategi Belajar Mengajar, Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK, Bandung CV. Pustaka Setia, 1997

Ali, Muhammad. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern, Jakarta: Pustaka Amani, 1992

Al-Nahlawi, Abdul Rahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta. Gema Insani Press. 1995

Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Bina Aksara, 1985.

Dixon, Joan. Whole Language: An Integrated approac to Reading and writing. (Action Learning Manual : A Guide for Literacy Practitioners). Amherst, MA : The Center for Internasional Education, University of Massachusetts, 1996.

Fathi, Muhammad, Metode Nabi dalam Mendidik dan Mengajar, Konsep Pendidikan Sesuai Alquran dan As-Sunnah, Surabaya: Pustaka Al-Kautsar, 2009

Margono, S., Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta 1996

Mulyasa, Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004

Muhdofir, Media Pendidikan, Bandung: Ichtiar Baru, 1994.

Natawijaya, Roghman, Pengajaran Remedial, Jakarta: Rineka Cipta, 1989

Departemen Agama Republik Indonesia, Pedoman Kurikulum Agama, Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2004

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Luar Sekolah, Pemuda dan Olahraga, Pedoman Pentahapan Program Keaksaraan Fungsional, 1998

Saeari, Imam A. Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya: Usaha Nasional, 1983

Sunartana, PPN, Masalah dan Kesulitan Belajar, Surabaya: Usaha Nasional, 1999

Suratmi, M, Bimbingan Belajar, Surabaya: Usaha Nasional, 1992

Sumanto, W, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 1998

Shihab, Quraish. Membumikan Alquran. Bandung Cet. XII 1996

Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan dalam Alquran, Bandung: Alfabeta, 2009

Tirtonegoro, Sutratina, Anak Super Normal dan Program Pendidikannya, Surabaya: Usaha Nasional, 1999

Published
2016-03-01