IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS QURANI DI MTS AL-BAQIYATUSSHALIHAT NW SANTONG
Abstrak
Ilmu-ilmu tentang kependidikan yang dijadikan rujukan dalam pengembangan dunia pendidikan di Indonesia, lebih banyak bersumber pada konsep-konsep dan teori-teori pendidikan Barat yang menganut sistem pendidikan liberal dan sekuler, terlebih konsep tersebut digunakan juga dalam pengajaran pendidikan Agama Islam. Di negara negara Barat pelajaran agama tidak diajarkan di sekolah-sekolah umum karena bagi mereka pendidikan agama merupakan tanggung jawab keluarga secara personal. Berbeda halnya dengan di Indonesia, pelajaran agama menjadi tanggung jawab kolektif sehingga perwujudannya dilakukan melalui lembaga-lembaga formal pendidikan mulai dari tingkat TK sampai perguruan tinggi sesuai dengan amanat Undang-Undang sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Sehingga menjadi janggal jika guru-guru agama Islam mengajarkan dengan merujuk pada konsep pendidikan dari Barat. Untuk itu dalam penelitian ini menawarkan pendidikan Agama Islam yang secara ansich konsep dan metodenya bersumber dari Alquran sebagaimana yang telah dilaksanakan di MTs Al-Baqiyatusshalihat NW SantongReferensi
Ahmadi, Abu, H. Strategi Belajar Mengajar, Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK, Bandung CV. Pustaka Setia, 1997
Ali, Muhammad. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern, Jakarta: Pustaka Amani, 1992
Al-Nahlawi, Abdul Rahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta. Gema Insani Press. 1995
Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Bina Aksara, 1985.
Dixon, Joan. Whole Language: An Integrated approac to Reading and writing. (Action Learning Manual : A Guide for Literacy Practitioners). Amherst, MA : The Center for Internasional Education, University of Massachusetts, 1996.
Fathi, Muhammad, Metode Nabi dalam Mendidik dan Mengajar, Konsep Pendidikan Sesuai Alquran dan As-Sunnah, Surabaya: Pustaka Al-Kautsar, 2009
Margono, S., Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta 1996
Mulyasa, Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004
Muhdofir, Media Pendidikan, Bandung: Ichtiar Baru, 1994.
Natawijaya, Roghman, Pengajaran Remedial, Jakarta: Rineka Cipta, 1989
Departemen Agama Republik Indonesia, Pedoman Kurikulum Agama, Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2004
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Luar Sekolah, Pemuda dan Olahraga, Pedoman Pentahapan Program Keaksaraan Fungsional, 1998
Saeari, Imam A. Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya: Usaha Nasional, 1983
Sunartana, PPN, Masalah dan Kesulitan Belajar, Surabaya: Usaha Nasional, 1999
Suratmi, M, Bimbingan Belajar, Surabaya: Usaha Nasional, 1992
Sumanto, W, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 1998
Shihab, Quraish. Membumikan Alquran. Bandung Cet. XII 1996
Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan dalam Alquran, Bandung: Alfabeta, 2009
Tirtonegoro, Sutratina, Anak Super Normal dan Program Pendidikannya, Surabaya: Usaha Nasional, 1999
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).