HIPOTESIS MODEL PENGEMBANGAN DAN STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO

  • Sahirul Alim

Abstract

Alternatif pembangunan ekonomi dengan sistem desentralisasi dan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sepantasnya diaktualisasikan karena memang UMKM merepresentasikan kegiatan ekonomi rakyat yang bertumpu pada kekuatan sendiri serta mampu menjadi penyangga (buffer) perekonomian. Dalam konteks Indonesia dengan pasokan tenaga kerja, kelangkaan modal serta kekurangan infrastruktur pendidikan untuk pelatihan dalam kompleks teknologi, maka sangat rasional untuk mengandalkan usaha mikro daripada usaha padat modal. Konsep pengembangan usaha kecil dengan strategi yang fokus pada pengembangan kompetensi inti, pengetahuan dan keunikan akan menciptakan keunggulan melalui peningkatan dan penciptaan nilai tambah untuk meraih daya saing melalui pengembangan kapabilitas kewirausahaan, sehingga usaha mikro tidak lagi mengandalkan strategi kekuatan pasar. Strategi ini lebih murah dan ampuh dalam memberdayakan usaha kecil, karena memanfaatkan sumber daya lokal tercipta produk inti yang unggul.

Author Biography

Sahirul Alim
Dosen IAI Nurul Hakim Kediri Lombok Barat

References

Dan Steinhoff dan John F. Burgess, Small Business Act. Terj, Jakarta, Rineka Cipta, 1993

Lambing, Peggy C.R, Entrepreneurship, New Jersey, 2001

Krisnamurthi, Manajemen Strategic Perusahaan ,Jakarta, Intermasa, 2002

Saparini, Hendri, “ Penguatan Ekonomi Umat Menuntut Perubahan Paradigma†Makalah yang Disampaikan pada Kongres Umat Islam Indonesia ke-5 di Jakarta, 7-8 Mei 2010

Scarborough, Norman, dan Thomas W Zimerer, Effective Small Business, (New York, 1993

Sulaeman, Kusman M, Manajerial Fit and The Meaning of Working, Belgie, 1989

Swastha, Basu, dan Ibnu Sukotjo, Pengantar Bisnis Modern, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 1995

Wijaya, Albert, Manajemen Strategi Perusahaan Dekade 1990-an. Majalah Manajemen dan Usahawan Indonesia, No 6 tahun 2011

Yustika, Ahmad Erani, Ekonomi Politik, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2009.

Published
2016-03-01