GAGASAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TGKH. M. ZAINUDIN ABDUL MADJID DALAM WASIAT RENUNGAN MASA PENGALAMAN BARU

  • Munadi Ahmad Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Aziziyah Gunungsari Lombok Barat

Abstract

Pelbagai masalah sosial yang melanda bangsa ini, seperti korupsi, tawuran pelajar, demonstrasi yang berujung aksi anarkis merupakan imbas dari ketidakseimbangan proses pendidikan, sebab pertumbuhan pribadi yang tidak utuh (split personality), sehingga pendidikan pun divonis gagal mewujudkan misinya mencetak manusia yang beradab (berkarakter). Dalam rangka mewujudkan pendidikan karakter banyak para tokoh pendidikan menawarkan nilai-nilai karakter yang harus diinternalisasikan dan dibudayakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai ikhtiar mewujudkan revolusi mental. TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid adalah satu di antara sekian tokoh pendidikan—setidaknya—pernah menggagas terkait nilai-nilai pendidikan karakter. Gagasan nilai-nilai pendidikan karakter yang dituangkannya ke dalam syair-syair Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru yang merupakan karya yang terdiri dari kumpulan syair hasil renungan dan pengalaman hidup TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid. Syair-syair dalam karya ini secara keseluruhan berjumlah 432 syair yang terpartisi menjadi tiga bagian yaitu bagian pertama terdiri dari 233 syair, bagian kedua 112 syair, dan bagain ketiga terdiri dari 87 syair.Kata kunci: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Wasiat Renungan Masa

References

Hamzanwadi, Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru, 1981

Doni Koesuma Antonius, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grafindo, 2010

Abdul Majid & Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011

Muchlas Samani dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011

Dharma Kesuma dkk, Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktek di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011

Ibn Miskawaih, Tahzib al Akhlaq, Bairut: Darul Kitab Ilmiyah, 1985

Abdul Hayyi Nu’man, Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid: Riwayat Hidup dan Perjuangannya Mataram: PBNW, 1999

Mohammad Noor, Visi Kebangsaan Religius: Refleksi Pemikiran Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid 1904-1997, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2004

Usman, Filsafat Pendidikan: Kajian Filosofis Pendidikan Nahdlatul Wathan Lombok, Yogyakarta: Teras, 2010

Taufiq, Muhammad. Kreatifitas: Jalan Baru Pendidikan Islam. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta - LEPPIM IAIN Mataram, 2012

Muthahari, Ayatullah Murtadha. Dasar-dasar Epistemologi Pendidikan Islam: Teori Nalar dan Pengembangan Potensi serta Analisa Etika dalam Program Pendidikan. penterjemah Muhammad Bahruddin. Jakarta: Sadra International Institute, 2011

Jajat Burhanuddin & Ahmad Baedowi, Transformasi Otoritas Keagamaan Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003

Abu Bakar Ahmad bin Husain al-Baihaqi, Shu’b al Iman al Baihaqi, Bairut: Dar al Kitab al Ilmiyah, 1410 H

Abdul Halim Soebahar, Wawasan Baru Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002

Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad al-Ghazali, Ihya’ Ulumuddin (Jilid I, Beirut: Dar al-Fikr, t.t.

Abdul Haris, Etika Hamka: Konstruksi Etik Berbasis Rasional Religius, Yogyakarta: LKIs, 2010

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya, Jakarta: CV. Eko Jaya, 2003

Undang-Undang RI Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025 Bab IV Arah, Tahapan, dan Prioritas Pembangunan Jangka Panjang Tahun 2005-2025

Lampiran Inpres Nomor 1 Tahun 2010 Tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010

Istigfarotur Rohmaniyah, Pendidikan Etika: Konsep Jiwa dan Etika Perspektif Ibnu Miskawaih dalam Kontribusinya di Bidang Pendidikan, Malang: UIN Maliki Press, 2010

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2003

Depag RI Badan Litbang & Diklat Keagamaan Bagian Proyek Peningkatan Pengkajian Kerukunan Hidup Beragama “Konflik Sosial Bernuansa Agama di Indonesia†Jakarta, 2003

Mawardi Lubis, Evaluasi Pendidikan Nilai: Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa PTAIN, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011

M. Quraish Shihab, Wawasan Alquran, Bandung: Mizan, 1994

Fazlur Rahman, Tema pokok Alquran, Bandung: Pustaka, 1986

Undang-Undang RI Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025 Bab IV Arah, Tahapan, dan Prioritas Pembangunan Jangka Panjang Tahun 2005-2025

Jurnal

Fachrudin, “Peran Pendidikan Agama dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-Anak,†Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim Vol.9 No. 1, 2011

Internet

http://perpustakaannurmuhammad.wordpress.com/2011/01/07/pengusiran-pemimpin-salafi-di-lombok/ (diakses 28 September 2012)

http://id.wikibooks.org/wiki/Yunani_Kuno/Penulisan_Mitologi. (diakses 27 Pebruari 2012)

http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/11/09/19/lrrkr6-belasan-wartawan-jadi-korban-pemukulan-pelajar-sma-6 (diakses hari Selasa 10 Januari 2012)

http://ms.wikipedia.org/wiki/Individualisme

Published
2016-03-01