SKETSA GENERAL PRODUK DAN JASA BANK SYARIAH

  • Rusdan Rusdan Institut Agama Islam Nurul Hakim Kediri Lombok Barat

Abstract

Sebagian produk perbankan syariah saat ini, sebenarnya merupakan perpaduan antara praktik-praktik perbankan konvensional dengan prinsip-prinsip dasar transaksi ekonomi Islam. Namun demikian, dengan keluwesannya, produk-produk perbankan syariah menjadi sangat luas dan lebih lengkap dibandingkan dengan produk-produk perbankan konvensional. Produk-produk seperti giro, tabungan dan kredit yang dikenal di dalam perbankan konvensional, ternyata dapat juga ditemui di dalam praktik perbankan syariah sebagai giro wadi’ah, tabungan wadi’ah, dan pembiayaan. Namun, ada beberapa produk perbankan syariah yang tidak dikenal dalam perbankan konvensional, seperti transaksi gadai, sewa, pinjaman kebajikan, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, produk-produk yang ditawarkan oleh perbankan syariah dapat dibagi menjadi tiga bagian besar, yaitu: Produk Penyaluran Dana (Financing), Produk Penghimpunan Dana (Funding), dan Produk Jasa (Services).

References

Abdullah (Eds.), Taufik. 2003. Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, Ajaran. Jakarta: PT. Ichtiar Baru van Hoeve.
Al-Arif, M. Nur Rianto. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Al-Jazairi, Abu Bakr Jabir. 2006. Ensiklopedi Muslim. Jakarta Timur: Darul Falah.
Arifin, Zainul. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah. Jakarta: Pustaka Alvabet.
Basir, Cik. 2009. Penyelesaian Sengketa Perbankan Syariah di Pengadilan Agama dan Mahkamah Syar’iyah. Jakarta: Kencana.
Dewi, Gemala dkk. 2006. Hukum Perikatan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana dan Badan Penerbit FH UI.
Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia. 2011. Laporan Perkembangan Perbankan Syariah 2011. Jakarta: Bank Indonesia.
Djuwaini, Dimyauddin. 2008. Pengantar Fiqh Muamalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fatwa DSN-MUI No. 01/ DSN-MUI/ IV/ Tahun 2000 Tentang Giro.
Fatwa DSN-MUI No. 10/ DSN-MUI/ IV/ Tahun 2000 Tentang Wakalah.
Fatwa DSN-MUI No. 11/ DSN-MUI/ IV/ Tahun 2000 Tentang Kafalah.
Fatwa DSN-MUI No. 12/ DSN-MUI/ IV/ Tahun 2000 Tentang Hawalah.
Fatwa DSN-MUI No. 62/ DSN-MUI/ XII/ Tahun 2007 Tentang Akad Ju’alah.
Haroen, Nasrun. 2007. Fiqh Muamalah. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Karim, Adiwarman A. 2008. Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Kasmir. 2010. Pemasaran Bank Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.
Naja, H. R. Daeng. 2011. Akad-Akad Bank Syariah. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.
Nikensari, Sri Indah. 2012. Perbankan Syariah Prinsip, Sejarah, dan Aplikasinya. Semarang Pustaka Rizki Putra.
Sudarsono, Heri. 2007. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi dan Ilustrasi. Yogyakarta: Ekonisia FE UII.
Sudarsono, Heri dan Hendi Yogi Prabowo. 2006. Istilah-Istilah Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta: UII Press
Suhendi, Hendi. 2008. Fiqh Muamalah. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran Konsep, Strategi, dan Kasus. Yogyakarta: CAPS.
Zulkifli, Sunarto. 2007. Panduan Praktis Perbankan Syariah. Jakarta: Zikrul Hakim.
Published
2019-12-31