Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi IPS Terpadu Kelas VIII Di SMPN 18 Mataram

  • Muhammad Alwan STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pemanfaatan media pembelajaran berbasis informasi teknologi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa bidang studi IPS Terpadu. Subyek penelitian yaitu sejumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yaitu metode tes, metode dokumentasi, dan observasi.  Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus t-tes. Hasil analisis dalam penelitian ini adalah nilai t hitung 2,60 dan t table 2,02. Dengan demikian, t hitung > t table yaitu 2,60> 2,02. Ha pemanfaatan media pembelajaran berbasis informasi teknologi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan Ho yang berbunyi pemanfaatan media pembelajaran berbasis informasi teknologi tidak dapat meningkatkan prestasi belajar siswa bidang studi IPS Terpadu kelas VIII di SMPN 18 Mataram ditolak. Dapat disbimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran berbasis informasi teknologi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa bidang studi IPS Terpadu kelas VIII di SMPN 18 Mataram yang artinya hasil penelitian ini adalah Signifikan dengan t hitung 2,60.

References

Alwan, Muhammad. 2018. “Pengembangan Multimedia E-Book 3D Berbasis Mobile Learning Untuk Mata Pelajaran Geografi SMA Guna Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh”. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1 (2), 26 - 40. https://doi.org/https://doi.org/10.3454/at-tadbir.v1i2.3009.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2011. Belajar dan pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press..
Baharudin,.dan Wahyuni, N. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Lubbe, J.C.A. Van Der & Nauta, D, 1992. Peircean semiotics, culture and expert systems, Int. Forum Information and Documentation, Vol. 17(3).
Mukhtar dan Iskandar. 2011. Desain pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaun Persada Press.
Djamarah.Bahri. S. 2012. Prestasi belajar siswa dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional
Munadi, Yudhi. 2012. Media pembelajaran, sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Hariyadi, Utami. 1993. Penerapan teknologi informasi di perpustakaan indonesia. Dalam Laporan Kongres VI dan Seminar IPI, Padang, 18-21 Nopember 1992. Ed.Hendrata Kusbandarrumsamsi Jakarta; PBIPI.
Pargito. 2010. IPS Terpadu. jurusan pendidikan IPS. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Pendit, Putu Lazman. 1994. Makna dan peran informasi dari masa ke masa (bagian II [habis]: Ekonomi informasi dan informasi ekonomi. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Ilmu Informasi. Vol 1(2) April 1994. 25-39.
Purwanto. 2012. Metodologi penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar Offset.
Solihatin dan Raharjo. 2011. Cooperative learning analisis model pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tirtonegoro, Suratinah. 2001. Anak supernormal dan program pendidikannya. Yogyakarta: PT. Bumi Aksara.
Published
2019-01-15
How to Cite
Alwan, M. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi IPS Terpadu Kelas VIII Di SMPN 18 Mataram. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 51 - 64. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3384

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.