POTENSI ZAKAT SEBAGAI FILANTROPI ISLAM DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI

  • Lia Istifhamah STAI Taruna Surabaya
Keywords: Zakat, Islam, Ekonomi

Abstract

Pengelolaan zakat yang selama ini telah dilakukan oleh badan amil zakatsecara keseluruhan belum maksimal sehingga syiar Islamnya pun belum mampumelakukan perubahan paradigma masyarakat khususnya umat Islam. Yang perludilakukan lebih intens oleh BAZ/ LAZ adalah klasifikasi dan pengelompokan sasaranpenerima zakat, yaitu kelompok mustahiq yang sesuai untuk menerima zakat produktifdan mustahiq yang hanya bisa diberi zakat konsumtif (untuk memenuhi kebutuhan seharihari).Sehingga implementasi dari dakwah Islam melalui zakat sebagai pemberdayaanekonomi masyarakat bisa optimal. Pemerintah harus sesegera mungkin untuk melakukanrevisi UU tentang Zakat yang mencakup prosedur pengelolaan Zakat, regulasi zakatsebagai pengurang pajak, pembentukkan departemen/ direktorat zakat yang bersinergidengan lembaga keuangan/ Ditjen Pajak.
Published
2018-03-01
How to Cite
Istifhamah, Lia. 2018. “POTENSI ZAKAT SEBAGAI FILANTROPI ISLAM DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI”. Jurnal Keislaman 1 (1), 1-22. https://doi.org/10.54298/jk.v1i1.3343.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.