Kriteria Pemimpin Perspektif Imam Ghazali Dalam Kitab Ihya' Ulumuddin

  • Nurma Isfira Maharani Universitas Zainul Hasan Genggong
  • Ahmad Muzakki Universitas Zainul Hasan Genggong
  • Saiful Islam Universitas Zainul Hasan Genggong
Keywords: leadership criteria, Imam Al-Ghazali's perspective, Ihya' Ulumuddin book

Abstract

Artikel ini di susun bertujuan untuk mengkaji kriteria pemimpin perspektif imam Al- Ghazali dalam kitab Ihya’ ulumuddin  berkembang pesat di kalangan kaum salafus sholeh Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang pemikiran pemimpin, Abu Ḥamid Muḥammad ibn Muḥammad ibn Muḥammad Al- Ghazali Al-Safi'i, juga dikenal sebagai Al- Ghazali, seorang hujjah Islam (1058–1111 M), menyoroti komponen substantif tentang kegunaan pengajaran agama dari pada segi formal simbolis, mempertemukan unsur-unsur yang telah dipisahkan dari sosok pemimpin; pemimpin harus dipilih oleh rakyat. Imam Al-Ghazali mendefinisikan pemimpin ideal adalah pemimpin yang menjunjung tinggi moralitas, ilmu pengetahuan, dan agama. beliau juga harus mampu mempengaruhi lingkungan di mana mereka beroperasi, menyembuhkan dan mencegah kehancuran di negara atau organisasinya, dan menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtera. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian library research, dan dan analisis data dengan pendekatan interaksi simbolik. Harapan dari hasil penelitian ini dapat menjelaskan tentang pandangan imam Al- Ghazali terkait pemimpin  dalam kitab ihya’ ulumuddin.

References

Adz-Dzakiey, Hamdani Bakran. Kepemimpinan Kenabian "Cara Menjadi Pemimpin dengan Keberkahan Allah, Syafaat Rasuullah, Restu Penghuni Langit dan Bumi. Yogyakarta: al-Manar, 2009.

Ahmad, Zainal Abidin. Konsepsi Negara Bermoral Menurut Imam al-Ghazali. Jakarta: Bulan Bintang, 1975.

Alfandi, Safuan. Ihya’ Ulumuddin Imam Al-Ghazali Filsafat Ilmu dan Kesucian Hati di Bidang Insan dan Lisan. Solo: Sendang Ilmu, 2019.

al-Ghazali. At-Tibr al-Masbuk fi Nasihati al-Mulk. Beirut: lebanon: Darul Kitab Alamiyah, 1409.

———. Ihya’ Ulumuddin. Vol. I. Semarang: Toha Putra, t.t.

———. Ihya’ Ulumuddin. Vol. III. Semarang: Toha Putra, t.t.

———. Ihya’ Ulumuddin. Vol. II. Semarang: Toha Putra, t.t.

———. Keajaiban Hati. Diterjemahkan oleh Nurchikmah. Jakarta: Tintamas Indonesia, 1984.

Aman, Abu, Achmad As’ad Abd. Aziz, dan Atiyatus Syarifah. “Figur Kiai di Madura Perspektif Teori Pemikiran Kekuasaan (Politik) Al-Ghazali.” Nuansa:Jurnal Pnelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam 20, no. 2 (2023).

Baihaqi. Sunan al-Baihaqi al-Qubra. Vol. I, t.t.

Balack, Antony. Pemikira Politik Islam: dari Masa Nabi Hingga Masa Kini. Diterjemahkan oleh Abdullah Ali dan Mariana Ariestyawati. Jakarta: Serambi, 2006.

Ghazali, Abu Hamid al-. Al-Iqtishad fi al-I’tiqad. Beirut: Dar al-Qutaibah, 2003.

Hakim, Masykur. “Konsep Kepemimpinan Menurut al-Ghazali.” Ilmu Ushuluddin 5, no. 1 (2018).

Hanafi, Ahmad. Pengantar Filsafat Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1990.

Ismail, Ilyas. True Islam: Moral, Intelektual, Spiritual. Jakarta: Wacana Media, 2013.

Jahja, Zurkani. Teologi al-Ghazali: Pendekatn Metodologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Jurdi, Syaifuddin. Pemikiran Politik Islam Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Kartono, Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan, 1990.

M. Padhil, Ramlan Padang, dan Zulkarnaen Gurchi. “Pemikiran Imam Al-Ghazali dalam Kepemimpinan Pendidikan.” Jurna Taushiah FAI UISU 12, no. 2 (2022).

Musthofa. Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia, 1997.

Pramasto, Arafah. “Pengaruh Sosial-Politik da Intelektual dalam Pembentukan Neo-Sufisme Imam Al-Ghazali.” Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial 13, no. 2 (2019).

Purwanto. Amar Ma’ruf Nahi Munkar Imam Al-Ghazali. Bandung: Marjan, 2019.

Rambe, Toguan, dan Seva Mayasari. “Pemikiran Politik Sunni lat Legitimasi Kekusaan.” Jurnal Penelitian Medan Agama 11, no. 1 (2020).

Sahri. “Political thought of Al-Ghazali on Imamah: Debate between theocracy and democracy.” HTS Theological Studies 77, no. 3 (t.t.): 2021.

Shihab, M. Quraish. Wawasan al-Qur’an Tafsir Maudhu’i atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan, 1996.

Sntani, Lelo. Dasar Kepemimpinan. Tangerang: Yayasan Cendekia Mulia Mandiri, 2022.

Sudarmanto. Agama dan Politik Anti Kekerasan. Yogyakarta: Kanisius, 1989.

Tobroni. The Spiritual Leadership Pengefektifan Organisasi Nobel Industry Melalui Prinsip-Prinsip Spitiyual Etis. Malang: UMM Press, 2010.

Usman, Muhammad Ahsan bin. Mengasingkan Diri (Uzlah) dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar Seri Ringkasan Ihya’ Ulumuddin Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali. Yogyakarta: Hikam Pustaka, 2021.

Wathan, Najamul. “Kriteria Kepemimpinan Pendidikan Islam Menurut Al-Ghazali.” Islam Universalia: Internasional Journal of Islamic Studies and Social Sciences 1, no. 1 (2019).

Published
2024-03-01
How to Cite
Maharani, Nurma Isfira, Ahmad Muzakki, and Saiful Islam. 2024. “Kriteria Pemimpin Perspektif Imam Ghazali Dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin”. Jurnal Keislaman 7 (1), 149-69. https://doi.org/10.54298/jk.v7i1.4020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.