Model Pendidikan Akhlak dalam Kitab Nashoihul Ibad Karya Syeikh Imam Nawawi Al-bantani

  • Siti Aminatus Sya'diyah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Ahmad Fauzi Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Ummi Lailia Maghfiroh Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
Keywords: Moral Education, Syeikh Imam Nawawi Al-bantani, Nashoihul Ibad Book

Abstract

Abstract The importance of developing moral education which includes holistic and sustainable aspects has highlighted attention to the moral education model. The book "Nashoihul Ibad" written by Sheikh Imam Nawawi Al-bantani is widely recognized as one of the main references in efforts to enrich Islamic morals. This research aims to conduct an analysis of the moral education model contained in the book "Nashoihul Ibad". The research method uses library research. The research results explain that moral education in the Nashoihul Ibad book consists of three models: First, moral education by instilling awareness about divinity and its relationship with humans. Second, moral education through the formation of noble attitudes and behavior and relationships with fellow humans. Third, moral education further develops personal qualities including fortitude, honesty, courage and responsibility in a social context.   Keywords: Moral Education, Syeikh Imam Nawawi Al-bantani, Book Nashoihul Ibad     Abstrak Pentingnya pengembangan pendidikan akhlak yang meliputi aspek holistik dan berkelanjutan telah menyoroti perhatian terhadap model pendidikan akhlak. Kitab "Nashoihul Ibad" yang ditulis oleh Syeikh Imam Nawawi Al-bantani diakui secara luas sebagai salah satu rujukan utama dalam upaya memperkaya akhlak Islam. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap model pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab “Nashoihul Ibad”. Metode penelitian menggunakan kajian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menjelaskan bahwa pendidikan akhlak dalam kitab Nashoihul Ibad terdiri dari tiga model: Pertama, pendidikan akhlak dengan menanamkan kesadaran mengenai ketuhanan dan hubungannya dengan manusia. Kedua, pendidikan akhlak melalui pembentukan sikap dan perilaku mulia (noble behavior) dan hubungannya dengan sesama manusia. Ketiga, pendidikan akhlak lebih mengembangkan pada kualitas diri meliputi ketabahan, kejujuran, keberanian, dan tanggung jawab dalam konteks sosial.   Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Syeikh Imam Nawawi Al-bantani, Kitab Nashoihul Ibad

References

Bagir, Haidar, Mengenal Tasawuf (Noura Books, 2019)

Bukhori, Imam, ‘Satlogi SANTRI Pesantren Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo: Local Genius Penguat Karakter Bangsa’, HUMANISTIKA: Jurnal Keislaman, 6.1 (2020), 1–33

Farhan, Ahmad, ‘Pemikiran Zuhud Abu Talib Al-Makki: Relevansi Dan Implementasi Sikap Hedonisme Pada Remaja’, Spiritualita, 7.2 (2023), 135–44

Hidayat, Ahmad Wahyu, and Muhammad Iqbal Fasa, ‘Syekh Nawawi Al-Bantani Dan Pemikirannya Dalam Pengembangan Pendidikan Islam’, Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17.2 (2019), 297–317

Iman, Meraih, and Yang Sempuri, ‘77 Menyingkap Rahasia Cabang Keimanan Terjemah Dari Kitab Qami’ut Tughyan’

Kamila, Aiena, ‘Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Moral Dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar’, Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2.5 (2023), 321–38

Kanafi, H Imam, Ilmu Tasawuf: Penguatan Mental-Spiritual Dan Akhlaq (Penerbit NEM, 2020)

Khafiyah, Mubaedah Ana, ‘Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syeikh Nawawi Al-Bantani Dalam Kitab Nashaihul ’Ibad’ (SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG, 2023)

Khoiriyah, Lailatin Nikmatul, ‘Ikhlas Dalam Al-Quran (Studi Tafsir Tematik Melalui Pendekatan Munasabah)’ (IAIN Ponorogo, 2021)

Mansyuriadi, M Irwan, ‘Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Peserta Didik’, Pandawa, 4.1 (2022), 14–22

Mubarok, Ali, ‘Nashaihul Ibad’, ed. by Sabilul Haq, Saku (Kediri-Indonesia: Pustaka ISYFA’ LANA, 2023)

Muhrin, ‘Akhlak Kepada Diri Sendiri’, Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10 (2020), 1–7 <https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/3768>

Muhrin, Muhrin, ‘Akhlak Kepada Diri Sendiri’, Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10.1 (2020)

Pringgar, Rizaldy Fatha, and Bambang Sujatmiko, ‘Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa’, IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5.01 (2020), 317–29

Rifai, Ahmad, ‘Pendidikan Karakter Dan Pendidikan Akhlak’, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 2018

Saihu, Saihu, and Baeti Rohman, ‘Pembentukan Karakter Melalui Model Pendidikan Transfromatife Learning Pada Santri Di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Bali’, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8.02 (2019), 435–52

Subagiya, Bahrum, ‘Eksplorasi Penelitian Pendidikan Agama Islam Melalui Kajian Literatur: Pemahaman Konseptual Dan Aplikasi Praktis’, Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12.3 (2023), 304–18

Tantowi, H Ahmad, Pendidikan Islam Di Era Transformasi Global (PT. Pustaka Rizki Putra, 2022)

Widiyastuti, Retno, Kebaikan Akhlak Dan Budi Pekerti (Alprin, 2020)

Wirinata, Adi Candra, Tasawuf Sosial (Memahami Islam Rahmah Lil Alamin Perspektif Hablun Min Allah Wa Hablun Min an-Nas) P2 (GUEPEDIA, 2022)

Published
2024-03-01
How to Cite
Sya’diyah, Siti Aminatus, Ahmad Fauzi, and Ummi Lailia Maghfiroh. 2024. “Model Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Nashoihul Ibad Karya Syeikh Imam Nawawi Al-Bantani”. Jurnal Keislaman 7 (1), 126-36. https://doi.org/10.54298/jk.v7i1.4033.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.