Peningkatan Mengenal Huruf Hijaiyyah melalui Media Kartu Huruf dengan Metode Kupas Rangkai di RA Bahrul Huda Sambiroto Karangtanjung Candi Sidoarjo

  • Anita Mauliyah STAI YPBWI Surabaya
Keywords: Kemampuan Mengenal Huruf, Kartu Huruf, Kurikulum RA Bahrul Huda

Abstract

Pendidikann di era globalisasi berdampak terhadap peserta didik secara komprehensif. Melalui pengembangan model, pendekatan, teori belajar dan segalan metode dan teknik pembelajaran yang tidak terdeteksi perkembangannya, hal ini seolah memberikan petunjuk kepada kita untuk terus menerus mengembangkan ilmu pengetahuan.  Kemampuan anak usia dini menjadi dasar pokok keberhasilan pada jenjang selanjutnya, kemampuan anak untuk memulai membentuk pengetahuan bahasa, tentu memerlukan media yang konkrit dan langsung dipraktekkan oleh anak tersebut, sebab dengan anak langsung praktek itu menjadikan anak secara mandiri akan membentuk pengetahuannya sendiri. Artinya kemampuan anak dalam mengenal itu langsung melafalkan tanpa perantara bimbingan dari guru, sehingga lebih kuat dan objektif terhadap masing-masing kemampuan anak. Model pendekatan ini membuat pembiasaan anak baik secara individu maupun kelompok akan menunjang daya berfikir serta menumbuhkan jiwa kemandirian dan tidak tergantung terhadap sesama teman. Dengan media kartu huruf yang diajarkan menggunakan metode kupas rangkai membuat unsur demonstrasi, praktek, visual, audio visual langsung dialami oleh anak-anak, sehingga pendekatan verbal semakin tidak diperlukan.
Published
2021-06-28
Section
Articles