Pendidikan Karakter pada Anak Berkebutuhan Khusus di Lembaga Insan Cemerlang Desa Tanjung Sepreh Kecamatan Maospati Magetan

  • Siti Aminah STAI YPBWI Surabaya
Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Karakter

Abstract

Nilai, budi pekerti, budaya, teknologi, sejarah adalah hal yang akan diwariskan kepada anak, sepatutnya sejak dalam kandungan hingga mereka lahir mendapatkan stimulasi, pengajaran, serta pendidikan yang tepat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pendidikan karakter siswa ABK pada lembaga pendidikan Inklusi KB/ RA Insan Cemerlang. Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif didasari teori fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, studi dokumentasi dan observasi lapangan. Hasil penelitian ini meliputi kesiapan sekolah termasuk guru, kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan khusus anak dan fasilitas penunjang lainnya. Pendidikan karakter  ini dilakukan dengan cara mendampingkan siswa ABK dengan siswa normal, serta melakukan pendekatan dengan kasih sayang, motivasi, memberi perhatian lebih tanpa membuat cemburu siswa regular lainnya. Kendala dan hambatan dalam menangani siswa ABK yakni masih ada orang tua yang belum mendukung program inklusif, belum ada assesmen khusus untuk siswa ABK.  
Published
2020-06-28
Section
Articles