Penerapan Kalimat Pujian Untuk Menumbuhkan Kepercayaan Diri pada ANak Kelompok Bermain di PAUD Durratul Yatimah Taman Sidoarjo

  • Nur Fitriyanti
Keywords: Kalimat Pujian, Kepercayaan Diri, Kelompok Bermain

Abstract

Sebagai seorang pendidik di Pendidikan Anak Usia Dini, khususnya pada Kelompok Bermain, kita bukan saja harus menguasai spesialisasi ilmunya saja, akan tetapi harus mengenal proses belajar, cara-cara mengajar, penggunaan alat-alat peraga, teknik penilaian, kreativitas, ketelatenan, dan yang tak kalah pentingnya pengolahan bahasa. Pemilihan kalimat-kalimat yang kurang tepat dan cenderung memojokkan anak dapat menghambat kepercayaan diri pada anak sehingga untuk menciptakan suasana bermain dan belajar terasa kaku dan kurang menyenangkan. Berbagai upaya dilakukan pendidik di PAUD Durratul Yatimah untuk memberikan motivasi dan rangsangan supaya bermain dan belajar di sekolah itu sangat menyenangkan, dengan cara memberikan kalimat-kalimat pujian untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kemandirian mereka. Karena bagi anak-anak, kelas Kelompok Bermain merupakan wadah pertama mereka untuk bersosialisasi dengan orang lain setelah keluarga. Adapun rumusan masalah yang peneliti ajukan yaitu:(1) Mengapa kalimat pujian dapat menumbuhkan kepercayaan diri pada anak Kelompok Bermain di PAUD Durratul Yatimah,Taman, Sidoarjo. (2) Bagaimana penerapan kalimat pujian untuk menumbuhkan kepercayaan diri pada  anak Kelompok Bermain di PAUD Durratul Yatimah-Taman-Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk tuturan kalimat pujian untuk menumbuhkan kepercayaan diri pada anak kelompok bermain. Fokus penelitian yaitu mengkaji bagaimana bentuk-bentuk tuturan kalimat  pujian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, data dalam penelitian ini berupa tuturan atau ujaran yang berupa kalimat pujian yang diambil mulai bulan Januari sampai Maret 2021 dengan menggunakan teknik simak, libat, cakap, catat. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif sehingga dapat dipaparkan bentuk kata-kata pujian.  Berdasarkan hasil penelitian penulis, keberhasilan penerapan kalimat pujian pada anak Kelompok Bermain dikarenakan pendidik dapat memilih kata ataupun diksi yang tepat, menyusun kalimat pujian yang disesuaikan dengan konteks yang ada.
Published
2022-06-01
Section
Articles