Sistem Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini

  • Sutiyah Nova Irawati
Keywords: Pembelajaran Luar Kelas., Kecerdasan Naturalis

Abstract

Pendidikan merupakan proses pemberdayaan yang diharapkan mampu memberdayakan peserta didik menjadi manusia yang cerdas, manusia berilmu dan berpengetahuan serta terdidik. Pemberdayaan siswa dilakukan melalui proses belajar, proses pelatihan, proses memperoleh pengalaman atau melalui kegiatan lainnya. Melalui proses belajar siswa diharapkan memperoleh pengalaman memecahkan masalah dan mampu mengembangkan potensi serta kreativitas berpikirnya dengan metode belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran berbasis Alam dalam meningkatkan kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini.. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diambil melalui wawancara, pengamatan dan angket untuk orang tua siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan Naturalis anak usia dini dapat ditingkatkkan melalui pembelajaran berbasis alam. Kegiatan belajar menggunakan metode pembelajaran berbasis alam dapat menjadikan anak lebih peka dan memahami hakikat menjaga kelestarian alam oleh karena itu pembelajaran berbasis alam dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak. Kecerdasan naturalis anak menjadi lemen penting dalam kecerdasan anak sehingga ia bisa menjaga keberadaan keseimbangan alam dengan baik, contohnya seperti membuang sampah pada tempatnya dan lain sebagainya. Melalui kegiatan pembelajaran berbasis alam anak bisa meningkatkan kecerdasan naturalis, sehingga anak bisa menghargai dan mampu memahami keberadaan alam dan keseimbangan alam dalam jangkauan dan pikiran serta pemahaman anak usia dini.
Published
2023-06-28
Section
Articles