KORELASI ANTARA IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP SISWA MUFADA PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI

Juwari,STAI Darul Ulum Banyuwangi

  • Juwari , STAI Darul Ulum Banyuwangi

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat rendahnya pembelajaran pada siswa kelompok mufada Al-amiriyah ponfok pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi.Dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif.Pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental semi eksperimental (quasi eksperiment).Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok Mufadayang terbagi dalam dua kelompok yaitu kelas A dan kelas B di pondok pesantren Al-amiriyah Darussalam Blokagung kecamatan Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan ada studi hasil yang berbeda antara siswa terpelajar dengan menerapkan pembelajaran kooperatif dan siswa terpelajar biasa (konvensional). Jadi pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran hukum fiqih yaitu meliputi fathul qorib dan fatwul mu’in memberi dampak pada nilai belajar lebih baik daripada pembelajaran mata pelajaran hukum fiqih yaitu meliputi fathul qorib dan fatwul mu’indengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Published
2019-11-13
How to Cite
, Juwari. “KORELASI ANTARA IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP SISWA MUFADA PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI: Juwari,STAI Darul Ulum Banyuwangi”. Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan 4, no. 2 (November 13, 2019): (83-97). Accessed April 19, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3518.
Section
Articles