Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Pembelajaran PAI; Teori David Ausubel, Vigotsky, Jerome S. Bruner

  • Mahfida Inayati Institut Agama Islam Negeri Madura
Keywords: Model, Learning, PAI

Abstract

Learning is a two-way communication process, which is carried out by the teacher with students, to be able to produce good learning outcomes in learning Islamic Religious Education (PAI), one of which is teaching and learning activities by applying a problem-based learning model. Problem-based learning models include asking questions or problems, focusing on interdisciplinary linkages, authentic inquiry, cooperation and producing works and demonstrations. Problem-based learning is learning that uses real (authentic) problems that are unstructured and open as a context for learners to develop problem-solving and critical thinking skills and at the same time build new knowledge

References

Aqib, Zainal. 2013, Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Ardianti, Yusi. 2016, Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Kunci

Determinasi. Jurnal pendidikan Indonesia Vol. 5, No. 2 Oktober. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8544.

Atmojo, Setyo Eko. 2016, Penerapaan model pembelajaran berbasis masalah dalam Peningkatan hasil belajar pengelolaan lingkungan. Jurnal Kependidikan 43, No. 2. https://doi.org/10.21831/jk.v43i2.1968.

Elihami, Elihami. 2018, Penerapan Pembelajaran pendidikan Agama islam Dalam Membentuk karakter pribadi yang islami. Edumaspul Jurnal Pendidikan 2, No. 1. Februari. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/17.

Fauziah, Resti, dan DKK. 2013, Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. INVOTEC Volume IX, No.2 Agustus. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4878.

Fitri, Amelia Dwi. 2015, Penerapan problem based learnin (pbl) dalam Kurikulum berbasis kompetensi. Repositori Universitas Jambi 4, No. 1. Mei. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/532.

Hakim, Lukman. 2015, Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Lembaga Pendidikan Islam Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 13 No. 1.

Lestari, Ni Nyoman Sri. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem- Based Learning) Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Bagi Siswa Kelas Vii SMP. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia. https://doi.org/10.23887/jtpi.v1i2.297.

Mardiyanti, Haryani Sri. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA-2.†Journal ofClassroom Action Research 2, No. 1. Februari. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.

Maryati, Iyam. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Musharafa Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7, Nomor 1. Januari.

Mutallib, Abd. 2014. Imlementasipembelajaran Berbasis Masalah Untukmeningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Pedagogia Vol. 3, No. 1. Februari. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.51.

Noviyana, Hesti. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Edumath 3, No. 2. https://doi.org/10.52657/je.v3i2.455.

Nurdyansyah, Nurdyansyah. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran Ipa Materi Komponen Ekosistem. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Rohman, Fathur. 2017. Pembelajaran Fiqih Berbasis Masalah Melalui Kegiatan Musyawarah Di Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam Volume 8, No II.

Rusman. 2011. Model - Model Pembelajaran Megembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2016. stategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sewang, Anwar. 2019. Model Manajemen Pembelajaran Pendidikan Islam Berbasis Masalah: Studi Kasus pada Jurusan Tarbiyah dan Adab IAIN Parepare. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) Vol 3 No 1 Juni.

Solichin, Mohammad Muchlis. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery dalam Pendidikan Agama Islam.†Tadris 12, No. 2 Desember. http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/224.

Subekti, Fitrianto Eko, dan Akhmad Jazuli. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika 4, No. 1. Maret. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2687.

Sumartini, Tina Sri. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut 5, No. 2 Mei. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270.

Sunayo, Yuni. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Siswa SMA Di Kota Tasikmalaya.†Jurnal Pndidikan dan Keguruan 1, No. 2. https://journal.institutpendidikan.ac.id.

Trianto. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahidin, Unang. 2018. Implementasi Literasi Media Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 7, No. 2. September. https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.284.

Wahidin, Unang, 2018. dan Ahmad Syaefuddin. Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7, No.1, 49. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/222.

Yulianti, Eka, dan Indra Gunawan. 2019. Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 2, no. 3. November. https://doi.org/10.24042/IJSME.V2I3.4366.

Zahid, Zuhair. 2017. Membangun Kemampuan Berpikir Kreatifmatematisdenganmodel Pembelajaran Berbasis Masalahberbantuan E-Learning. Prisma, Februari.

Published
2022-11-27
How to Cite
Inayati, Mahfida. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Pembelajaran PAI; Teori David Ausubel, Vigotsky, Jerome S. Bruner”. Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan 7, no. 2 (November 27, 2022): 144. Accessed April 20, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/4875.
Section
Articles