Penerapan Sistem Manajemen Mutu Standar ISO 9001:2008 di Lingkungan Kerja di CV. Sinar Baja Elektrik II
Keywords:
Kata kunci : Sistem Managemen Mutu, dan Standart ISO 9001:2008
Abstract
Seiring dengan meningkatnya volume dan kompleksitas pemanu-fakturan, kualitas juga menjadi hal yang semakin sulit. Volume dan kompleksitas mendorong timbulnyaQuality Management System(QMS) atau Sistem Manajemen Mutu. Sistem Manajemen Mutu merupakan sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota organisasi. Sistem Manajemen Mutu merupakan sistem manajemen yang berfokus pada orang/karyawan dan bertujuan untuk terus menerus meningkatkan nilai yang diberikan pada pelanggan dengan biaya penciptaan nilai yang lebih rendah. Sesuai dengan permasalahan di atas maka diperlukan suatu kajian peningkatan standar managemen mutu yang sesuai dengan ISO Maka penulisan artikel ilmiah ini bertujuan untuk memberikan kajian tentang tentang Sistem Managemen Mutu dengan standart ISO 9001:2008 yang dapat diterapkan untuk meningkatkan mutu sebuah perusahaan. Salah satu perusahaan yang mengguakan standart ISO 9001:2008 adalah CV Sinar Baja Elektrik II, penerapan standart tersebut dengan menggunakan PDCA (Plan Do Check Action) yaitu aktivitas yang dilakukan harusdirencanakan, dilakukan, dilakukan pengecekan, dan dilakukan perbaikan apabila ada ketidaksesuaian.References
Atmodiwirio, Soebagio. Manajemen Pelatihan. Jakarta: PT. Ardadizya Jaya, 2005.
Bichanga, Dr. W. "Effectiveness of ISO 9001:2008 Certification On Service Delivery Of Public Universities In Kenya." European Journal of Bussiness and Managemen, 2013: Vol 5 No. 13.
Gilberto santos, Mendes Fatima and Joaqim Barbosa. "Certiï¬cation and integration of management systems: the experience of Portuguese small and medium enterprises." Journal of Cleaner Production 19, 2011: 1965-1974.
Larasati, A. Dyah, Hanafi, Hayat. "Implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) Berbasis ISO 9001:2008 Dalam Lembaga Pendidikan (Studi pada SMAN 5 Malang)." Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2013: Vol. 1 No. 1.
Ltd, SGS United Kingdom. Course Manual: Quality Management System Lead Auditor Training Course. Jakarta: SGS-Indonesia, 2010.
Nasional, Badan Standarisasi. Sistem Managemen Mutu -Persyaratan SNI ISO 9001:2008. 2001.
Poerwanto, Hendra. "Tahapan dalam menerapkan PDCA." Januari 01, 2014: 4.
Prabowo, S.L. Implementasi Sistem Managemen Mutu ISO 9001:2008 di Perguruan Tinggi. Malang: UIN MALANG, 2009.
Qolbi, Yahdi. "Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dalam Peningkatan Mutu Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan di Dinas Kesehatan Kota Tarakan." ejornal ilmu Pemerintahan, 2014: 3119-3130.
Suardi, R. Sistem Managemen Mutu ISO 9001:2000. Jakarta: PPM, 2004.
Sugianto, Silaban E. Bernard dan Yusup. "Implementasi Penerapan Sistem Managemen Mutu ISO 9001:2008 pada Industri Kontraktor." Jurnal Managemen Bisnis, 2011: Vol 14 No. 43.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kualitatif Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Sujianto, S. Muhammad Husain dan. Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di Bidang Kepegawaian Daerah Kabupaten Indragiri Hilir. FISIP UNIVERSITAS Riau: Program Studi Administrasi Negara, 2011.
Bichanga, Dr. W. "Effectiveness of ISO 9001:2008 Certification On Service Delivery Of Public Universities In Kenya." European Journal of Bussiness and Managemen, 2013: Vol 5 No. 13.
Gilberto santos, Mendes Fatima and Joaqim Barbosa. "Certiï¬cation and integration of management systems: the experience of Portuguese small and medium enterprises." Journal of Cleaner Production 19, 2011: 1965-1974.
Larasati, A. Dyah, Hanafi, Hayat. "Implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) Berbasis ISO 9001:2008 Dalam Lembaga Pendidikan (Studi pada SMAN 5 Malang)." Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2013: Vol. 1 No. 1.
Ltd, SGS United Kingdom. Course Manual: Quality Management System Lead Auditor Training Course. Jakarta: SGS-Indonesia, 2010.
Nasional, Badan Standarisasi. Sistem Managemen Mutu -Persyaratan SNI ISO 9001:2008. 2001.
Poerwanto, Hendra. "Tahapan dalam menerapkan PDCA." Januari 01, 2014: 4.
Prabowo, S.L. Implementasi Sistem Managemen Mutu ISO 9001:2008 di Perguruan Tinggi. Malang: UIN MALANG, 2009.
Qolbi, Yahdi. "Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dalam Peningkatan Mutu Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan di Dinas Kesehatan Kota Tarakan." ejornal ilmu Pemerintahan, 2014: 3119-3130.
Suardi, R. Sistem Managemen Mutu ISO 9001:2000. Jakarta: PPM, 2004.
Sugianto, Silaban E. Bernard dan Yusup. "Implementasi Penerapan Sistem Managemen Mutu ISO 9001:2008 pada Industri Kontraktor." Jurnal Managemen Bisnis, 2011: Vol 14 No. 43.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kualitatif Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Sujianto, S. Muhammad Husain dan. Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di Bidang Kepegawaian Daerah Kabupaten Indragiri Hilir. FISIP UNIVERSITAS Riau: Program Studi Administrasi Negara, 2011.
Published
2018-12-27
How to Cite
Al Sabet, F. B. (2018). Penerapan Sistem Manajemen Mutu Standar ISO 9001:2008 di Lingkungan Kerja di CV. Sinar Baja Elektrik II. Economic: Journal of Economic and Islamic Law, 8(4), 34-45. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/economic/article/view/3240
Section
Articles
Copyright (c) 2018 Economic: Journal of Economic and Islamic Law
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).