PROGRAM DESMIGRATIF DESA UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS PINJAMAN ANGGOTA KOPERASI SINAR MIGRAN KECAMATAN TEGALDLIMO KABUPATEN BANYUWANGI

  • Laily Hidayati Rosyidi Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Banyuwangi
Keywords: Produktifitas, koperasi Desmigratif, Sinar migran Tegaldlimo.

Abstract

Koperasi simpan pinjam didirikan untuk memberi kesempatan kepada anggotanya memperoleh pinjaman dengan mudah dan bunga ringan. Koperasi sinar migran di desa Tegaldlimo kabupaten Banyuwangi ini adalah satu gagasan program yang diluncurkun oleh kementerian ketenagakerjaan melalui program Desmigratif. Program Desa migran produktif (Desmigratif) adalah upaya terobosan Kementerian Ketenagakerjaan yang bekerja sama dengan berbagai Lembaga untuk memberdayakan, meningkatkan pelayanan serta member perlindungan bagi CTKI/TKI di Desa yang menjadi kantong-kantong TKI, dengan menawarkan program-program unggulan yang dibutuhkan CTKI/TKI dan keluarganya melalui pemanfatan potensi lokal dengan tidak mengabaikan karateristik Daerah setempat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis dalam melakukan penulisan ini antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan perkembangan koperasi semakin berkembang dan tingkat produktifitisnya juga semakin meningkat jika di bandingkan pada bulan-bulan sebelumnya. Hanya saja proses pengajuan legalilitas masih mengalami kendala dan masih dalam proses pemberkasan.

References

Eman Suherman. 2008. Desain Pembelajaran Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta,
Kasmir, 2011.Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Kementerian ketenagakerjaan republik Indonesia. 2018. Pedoman Program Desmigratif . Jakarta
Kementerian ketenagakerjaan republik Indonesia,2018. PEDOMAN PROGRAM DESMIGRATIF. Indonesia
Liputan6.Com. 2019. Program Desmigratif Meningkatkan Kesejahteraan TKI Dari Desa, Https:M.Liputan6.Com
Merdeka.com. 2019. Menaker berharap 4000 Desa terjangkau Program Desmigratif, diakses dari https://m.meredeka.com
Media Indonesia.com. 2019. Desmigratif: perlindungan pekerja migrant mulai dari desa diakses dari pada tanggal 18 februari 2019.
Merdeka.com. 2019. Menaker berharap 4000 Desa terjangkau Program Desmigratif, diakses pada tanggal 09 januari 2019 pukul 11:35.
R.T. Sutantya Rahardja Hadhikusuma, 2000, Hukum Koperasi Indonesia, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
tribunnews. 2017. Desmigratif-Program-Desa-Produktif-dan-Kreatif-Ala-Kemenaker
Published
2020-02-27
How to Cite
Rosyidi, L. H. (2020). PROGRAM DESMIGRATIF DESA UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS PINJAMAN ANGGOTA KOPERASI SINAR MIGRAN KECAMATAN TEGALDLIMO KABUPATEN BANYUWANGI. Economic: Journal of Economic and Islamic Law, 9(2). Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/economic/article/view/3470