PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK INVESTASI LOGAM MULIA (Studi Kasus Pegadaian Unit Pembiayaan Cabang Kotaanyar)

  • Maula Nasrifah
Keywords: Promosi, kualitas pelayanan, investasi logam mulia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat investasi logam mulia di PT Pegadaian Unit Pembiayaan Kotaanyar, bauik secara partial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi berganda melalui uji statistik uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Nilai t hitung untuk promosi 168.415 > dari nilai t tabel  1,987, sehingga Variabel promosi secara signifikan berpengaruh terhadap minat nasabah untuk investasi logam  mulia di PT Pegadaian Unit Pembiayaan Kotaanyar. 2). t hitung untuk kualitas pelayanan adalah  487.071  > t tabel 1,987, sehingga Variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah untuk investasi logam  mulia di PT Pegadaian Unit Pembiayaan Kotaanyar. 3). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai F hitung 6.887 > f tabel 3.10, sehingga Variabel promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap minat nasabah untuk investasi logam  mulia di PT Pegadaian Unit Pembiayaan Kotaanyar.  

References

Al Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al – Munir. Penerjemah : Abdul Hayyie Al Kattani, dkk. Jakarta : Gema Insani. 2016.
Ahmad, Mustaq. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Al – Kutsar. 2001.
Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. 2008.
Mulyo. Kamus Kimia. Jakarta : PT. Bumi Aksara. 2005.
PT Pegadaian (persero). Berkomitmen pada Ekonomi Kerakyatan UntukMewujudkan Asa Bangsa. 2016
Rahman, Abdul Shaleh dan Muhib. Psikologi Suatu Pengantar (DalamPersepektif Islam).Jakarta : Kencana. 2004.
Rosyidah, Ummu. Minat Masyarakat Berinvestasi Emas pada Pegadaian Syariahdi Lombok. Jurnal (MataramIAIN Mataram). 2014.
S. Nasution. Metode Research : Penelitian Ilmiah. Bandung : Jemmars.
Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pres. 2008.
Sugiono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta. 2010.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.2011.
Sugiono. Metodelogi Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta. 2006.
Sugiyono. Motode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta. 2018.
Sunyoto, Danang. Dasar – Dasar Manajemen Pemasaran, Konsep, Strategi, DanKasus. Yogyakarta : Caps.2013.
Sunyoto, Danang. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : CAPS. 2015.
Suryani, Tatik. Perilaku Konsumen : Implikasi pada Strategi Pemasaran.Yogyakarta : Graha Ilmu. 2012.
Published
2020-02-27
How to Cite
Nasrifah, M. (2020). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK INVESTASI LOGAM MULIA (Studi Kasus Pegadaian Unit Pembiayaan Cabang Kotaanyar). Economic: Journal of Economic and Islamic Law, 9(2). Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/economic/article/view/3634