PENGARUH BAGI HASIL PRODUK AL MUDHOROBAH TERHADAP MINAT NASABAH PADA BMT UGT SIDOGIRI CAPEM KWANYAR KABUPATEN BANGKALAN

  • tri wahyudi ramadhan
Keywords: Mudhorobah, Minat Nasabah, BMT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh bagi hasil produk simpanan al mudhorobah terhadap minat menabung nasabah pada BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kwanyar Kabupaten Bangkalan, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dengan populasi berupa nasabah tabungan atau simpanan al mudhorobah yang bertransaksi di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Teknik pengambilan sampel menggunakan tipe non random sampling yang penentuan besar sampel yang akan diambil menggunakan rumus slovin. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan software Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel bagi hasil produk tabungan al mudhorobah berpengaruh signifikan terhadap minat menabung nasabah BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Variabel minat menabung nasabah dapat dijelaskan oleh variabel pengaruh bagi hasil produk al mudhorobah  43,9%. Dan  sisanya 56,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini. Maka dari itu BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kwanyar Kabupaten Bangkalan harus mempertahankan atau meningkatkan bagi hasil yang kompetitif dan konsisten dalam menjelaskan bagi hasil kepada nasabah di awal akad, agar nasabah memiliki wawasan yang baik sehingga berminat menabung atau bahkan mereferensikan produk tabungan atau simpanan produk al mudhorobah kepada orang lain. Nasabah juga harus berusaha untuk memahaminya dan menjadikan aspek bagi hasil ini bukan hanya sebagai keuntungan materil, tetapi juga keuntungan moril.

References

Al Arif Nur Rianto. 2012. ‘Lembaga Keuangan Shariah, Bandung: CV Pustaka Setia.
Andrianto, 2016, ‘Manajemen Bank Shariah’ (Jakarta: Qiara Media Partner.
Batubara Mustopa Marli. 2011. ‘Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi’ Palembang, Universitas Muhammadiyah.
Bungin Burhan. 2005. ‘metodologi penelitian kuantitatif’. Jakarta: PT. Fajar
Interpratama Mandiri.
Elizza Selviana. 2017 ‘Telaah konsep jaminan dalam akad mudhorobahpada BMT sebagai lembaga keuangan mikro Shariah’. Jurnal Publikasi Ilmiah, maret.
Harun.2017. ‘Fiqh Muamalah’. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Hasbiyallah. 2014 ‘sudah Shariahkah muamalahmu’. Yogyakarta: Salma Idea.
Ismail. 2014. ‘Perbankan Shariah’. Jakarta, Kencana Prenadamedia Group.
Juliandi Azuar DKK. 2014 ‘Metodologi penelitian bisnis’. Medan: UMSU Press.
Kasmir. 2014. ‘Bank dan Lembaga Keuangan Lainya’. Depok: PT. Rajagrafinda Perseda.
Kementrian Agama, 2011, Al Qur’an dan Terjemah, Bandung : Jabal.
Mahbub. 2016 ‘Pengaruh Pembiayaan Mudhorobahterhadap Pendapatan BMT UGT Sidogiri Capem Sengon Kabupaten Banyuangi’. Istiqro’: Jurnal Hukum Islam, Ekonomi dan Bisnis, No. 2:63-80
Nik Amah. 2017 ‘Determinan minat nasabah pengguna jasa Rahn dan ijarah
pada kantor cabang pegadaian Shariah madiun’ Amah.
Syafii Antonio Muhammad. 2016 ‘Bank Syari’ah dari teori ke praktik’. Jakarta: Gema Insani.
Sarwat Ahmad. 2019. ‘Fiqih Muamala’ , Semarang: Kampus Shariah.
Suryani. 2016 ‘metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi Pada peneltian bidang manajeman dan ekonomi Islam’. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sugiarto. 2006 ‘Metode Statistika untuk bisnis dan ekonomi’. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Sugiono. 2011 ‘Metode penelitian kuantitatif dan kualititatif dan R & D’. Jakarta: Alfabeta Media.
Ylianto Nur Achmat Budi. 2017. ‘Metodologi Penelitian bisnis’. Malang: Polinema Press.
Published
2020-02-29
How to Cite
ramadhan, tri wahyudi. (2020). PENGARUH BAGI HASIL PRODUK AL MUDHOROBAH TERHADAP MINAT NASABAH PADA BMT UGT SIDOGIRI CAPEM KWANYAR KABUPATEN BANGKALAN. Economic: Journal of Economic and Islamic Law, 9(1). Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/economic/article/view/3638
Section
Articles