Implementasi Metode Inside-Outside Circle (IOC) Dalam Pembelajaran Tarakib Di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Jember

  • Evi Muzaiyidah Bukhori IAIN Jember
  • Ismatul Hasanah IAIN Jember

Abstract

Abstrak Metode Inside-Outside Circle (IOC) merupakan bagian dari pembelajaran yang bersifat Cooperative Learning, metode pembelajaran ini memiliki struktur yang jelas, dalam proses pembelajaran siswa diminta untuk gotong royong saling berbagi informasi terkait dengan materi yang telah di sampaikan. dengan adanya kerjasama antar siswa diharapkan mampu membantu siswa lainnya dalam memahami materi pembelajaran. Penerapan model pembelajaran dalam pembelajaran tarakib mampu meminimalisir kesulitan-kesulitan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Tarakib mempunyai kesan susah dipelajari dan difahami, dalam proses pembelajaran terkadang diminta menghafal nadhom dan kaidah kemudian disetorkan kepada guru, adanya implementasi metode Inside-Outside Circle (IOC) mampu menghadirkan pembelajaran tarakib  yang menarik dan menyenangkan, kegiatan implementasi metode Inside-Outside Circle (IOC) membuat sebagian siswa bergerak membentuk lingkaran kecil dan besar, lingkaran kecil menghadap ke luar dan lingkungan besar menghadap ke dalam, siswa yang berada dalam lingkaran luar berputar selangkah atau dua langkah untuk menemukan pasanganya, kemudian saling berbagi pemahaman terkait materi tarakib yang telah disampaikan, jika dirasa cukup guru akan meminta untuk berputar kembali hingga pembelajaran selesai. Hal ini mampu  menghilangkan kesan-kesan negatif tentang pembelajaran tarakib yang monoton dan membosankan. Kata Kunci: Metode Inside-Outside Circle (IOC),  Tarakib Bahasa Arab.
Published
2020-06-28
How to Cite
Bukhori, E. M., & Hasanah, I. (2020). Implementasi Metode Inside-Outside Circle (IOC) Dalam Pembelajaran Tarakib Di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Jember. INTAJUNA : Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Produk Bidang Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 37-46. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/intajuna/article/view/4145