APLIKASI REMEDIAL TEACHING DALAM KURATIF DAN PREVENTIF PROBLEMATIKA BELAJAR SISWA

  • Akhmad Sahrandi, Saparwadi, Agung Is Hardiyana Febry
Keywords: Remedial Teaching, Kuratif Dan Preventif

Abstract

Abstrak : Remedial Teaching merupakan pengajaran perbaikan, dalam aplikasinya ditujukan agar dapat memberi bantuan kepada siswa yang mengalami problematika belajar seperti siswa yang lamban, berkesulitan belajar, sukar menerima pelajaran. Remedial Teaching merupakan bentuk cara dalam kuratif dan preventif kasus pengajaran. Proses aplikasi remedial ini sifatnya lebih khusus karena disesuaikan dengan karakteristik problematika belajar yang dihadapi siswa. Proses preventif lebih ditekankan pada usaha perbaikan cara mengajar, penyesuaian materi pelajaran, arah belajar dan kuratif terhadap hambatan-hambatan yang dihadapi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya aplikasi program Remedial Teaching di sekolah dilakukan dalam bentuk pembinaan secara khusus dan bersifat personal, metodenya disesuaikan dengan kebutuhan siswa atau diperhatikan dari jenis kesulitan siswa. Bentuk kuratif dan preventif untuk siswa yang mengalami problematika belajar dilakukan dalam waktu yang ditentukan, dengan durasi satu kali tatap muka dalam tiap minggunya, atau minimal durasi tiga kali tatap muka dalam satu bulan. Jika pembinaan pertama stagnan, dilakukan lagi pembinaan dengan kuratif yang sama tapi dengan metode yang berbeda sampai peserta didik dapat mencapai target utama. Setiap selesai kuratif kemudian dilakukan evaluasi, untuk mengetahui hasil dari kuratif tersebut. Adapun faktor penghambat pelaksanaan program Remedial Teaching ini adalah; keterlambatan proses pendataan, kendala waktu pelaksanaan remedi karena bersamaan dengan jadwal les atau kursus peserta didik, orang tua yang terlalu memasrahkan pendidikan putra-putrinya hanya di sekolah. Faktor pendukung pelaksanaan program Remedial Teaching adalah; dukungan penuh dari sekolah, potensi guru, potensi peserta didik, dan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung.     

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-27
How to Cite
Saparwadi, Agung Is Hardiyana Febry, A. S. (2021). APLIKASI REMEDIAL TEACHING DALAM KURATIF DAN PREVENTIF PROBLEMATIKA BELAJAR SISWA. Nidhomiyyah : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1-27. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/nidhomiyyah/article/view/4201
Section
Articles