Penerapan Pembelajaran Kooperatif Learning Model Problem Based Introduction (PBI) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Materi Mengidentifikasikan Ciri- ciri Negara Berkembang dan Negara Maju Bagi Siswa Kelas VIII/A Semester II Di MTs. Al-Qodiri Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

  • Asmad Hanisy Sekolah Tinggi Agama Islam Al Qodiri Jember
Keywords: Pembelajaran Kooperatif Learning, Model Problem Based Introduction

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sertaprestasi belajar IPS materi mengidentifikasikan ciri-Ciri negara berkembang dan negara maju melalui pembelajaran kooperatif learning model problem based introduction (PBI) siswa kelas VIII/A Semester 2 MTs. Al-Qodiri Jember tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 3 bulan, mulai dari bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2015 di MTs. Al-Qodiri Jember, yang menjadi subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII/A yang berjumlah 17 orang, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Tes tertulis digunakan pada akhir siklus I dan siklus II, yang terdiri atas materi Narrative Text. Sedangkan Teknik non tes meliputi teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dekskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dan prestasi belajar siswa. Data hasil analisis penilaian proses pembelajaran dari segi hasil dan keaktifan siswa terjadi perubahan tahap demi tahap Jika dibandingkan antara keadaan kondisi awal , siklus I dan siklus II dapat dilihat bahwa saat kondisi awal rata-rata kelas sebesar 4,83, sedangkan nilai rata-rata kelas siklus II sudah ada peningkatan menjadi 6,67. Adapun kenaikan rata-rata pada siklus II menjadi 7,66. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil sehingga peneliti merekomendasikan penerapan pembelajaran kooperatif learning model problem based introduction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju dan prestasi belajar siswa.

References

B. Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2001. Buku 1 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan
Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
2006. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Puskur
Balitbang Depdiknas.
Indra Jati Sidi. 2004. Pelayanan Profesional, Kegiatan Belajar- Mengajar yang Efektif. Jakarta: Puskur Balitbang
Depdiknas.
Nana Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwadi Suhandini. 2000. Penelitian
Tindakan Kelas. Semarang: Lemlit
UNNES.
Puskur Balitbang Depdiknas. 2003. Supardi, Suharsimi Arikunto, Model-model Pembelajaran Efektif. Suhardjono. 2006.
Penelitian Tindakan Kelas. Yakarta: Bumi Aksara.
Tim MKDK IKIP Semarang. 1990.
Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press.
Zainal Aqib. 2007. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widy
Published
2016-08-15
How to Cite
Hanisy, A. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Learning Model Problem Based Introduction (PBI) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Materi Mengidentifikasikan Ciri- ciri Negara Berkembang dan Negara Maju Bagi Siswa Kelas VIII/A Semester II Di MTs. Al-Qodiri Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 66-89. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/qodiri/article/view/2475
Section
Articles