Penerapan Model Pembelajaran Think, Talk And Write Dalam Pembelajaran Menulis Resensi Dengan Media Novel Kelas XI MIPA 7 Di SMAN 2 Magetan

  • Kharisma Fitri Deaningrum Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Madiun
  • Vivi Rulviana Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Madiun
  • Fitriani Nur Rahayu SMAN 2 Magetan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan proses pembelajaran resensi dan keterampilan menulis resensi menggunakan model pembelajaran Think Talk Write pada speserta didik kelas XI MIPA 7 SMAN 2 Magetan tahun pelajaran 2022–2023. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian tindakan kelas (PTK). Peserta didik kelas XI MIPA 7 yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan dijadikan sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini digunakan metode analisis data deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis resensi siswa siklus I dan siklus II serta kualitas proses pembelajaran resensi dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write dengan media novel. Dibuktikan denganaadanya peningkatan kualitas proses dari siklus I dengan skor rata- rata 68,24 meningkat pada siklus II dengan skor rata- rata 89,41. Kemudian, peningkatan keterampilan menulis resensi padassiklus I dengan skor rata- rata 78,48 meningkat padaasiklus II dengan skor rata- rata 90,17.
Published
2023-04-20
How to Cite
Kharisma Fitri Deaningrum, Vivi Rulviana, & Fitriani Nur Rahayu. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Think, Talk And Write Dalam Pembelajaran Menulis Resensi Dengan Media Novel Kelas XI MIPA 7 Di SMAN 2 Magetan. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 21(1), 195-204. https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.21.1.195-204
Section
Articles