Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Mutu Pendidik

  • H. Zainuddin Sekolah Tinggi Agama Islam At-Taqwa Bondowoso, Jawa Timur

Abstract

Sekolah merupakan lembaga yang menjadi tempat proses pembelajaran atau tempat untuk menerima dan memberi pelajaran. Peran kepala sekolah sangat berpotensi terhadap Kualitas pendidik. Peran kepala sekolah bukan hanya sebagai pemimpin dalam suatu lembaga pendidikan. Peranan kepala sekolah sangat penting dalam menggerakkan kehidupan sekolah mencapai tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Kepemimpinan kepala  Sekolah Menengah Kejuruan Agribisnis Miftahul Hasan Al-Utsmani Desa Pucanganom Kecamatan Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso; 2) Mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam pengembangan mutu pendidik di Sekolah Menengah Kejuruan Agribisnis Miftahul Hasan Al-Utsmani Desa Pucanganom Kecamatan Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso; 3) Mendeskripsikan kendala dalam pengembangan mutu pendidik di Sekolah Menengah Kejuruan  Agribisnis Miftahul Hasan Al-Utsmani Desa Pucanganom Kecamatan Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Field Research, dengan prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis  data yang digunakan, menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah Kepemimpinan di Sekolah Menengah Kejuruan Agribisnis Miftahul Hasan Al-Utsmani mengutamakan peran utama kepala sekolah, diantaranya kepala sekolah sebagai educator, Manager, Administrator, Supervisor, Leader dan Innovator. Untuk Strategi kepala sekolah dalam pengembangan mutu pendidik melalui : Optimalisasi sumber daya pendidik yang sudah tersedia, Memberikan kewajiban kepada setiap pendidik untuk memiliki catatan pribadi tentang perkembangan belajar dari masing-masing peserta didik, Aktif mengikut sertakan pendidik didalam pelatihan, seminar dan workshop serta dalam pertemuan guru antar pelajaran yang dilakukan beberapa pekan sekali. Sedangkan kendala dalam pengembangan Mutu Pendidik adalah motivasi guru yang rendah, terbatasnya media pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan, tidak semua guru menguasai tekhnologi informasi dengan cakap, serta kurang keikutsertaan dalam pelatihan serta pengembangan kompetensi pendidik Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah; Pengembangan Mutu Pendidik; Kendala Pengembangan Pendidik.
Published
2023-12-29
How to Cite
H. Zainuddin. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Mutu Pendidik. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 21(1), 355-365. https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.21.1.355-365
Section
Articles