PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA TERPADU BUMI DARUN NAJAH LEKOK PASURUAN
Abstract
Seorang guru harus memiliki 4 kompetensi, yaitu pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Dari keempat kompetensi tersebut, hanya kompetensi pedagogik guru yang menjadi fokus penelitian ini. Seorang guru harus bersungguh-sungguh dan berupaya untuk mendesain dan melaksanakan pembelajaran dengan baik sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai. Akan tetapi dalam pelaksanaan proses pembelajaran, guru menemukan masalah-masalah yang terjadi. Seperti pembelajaran yang kurang aktif, sehingga membuat perta didik menjadi pasif dalam mengikuti pembelajaran, hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan pendekatan yang berpusat pada guru. Oleh karena itu guru harus mampu mengatasi masalah-masalah tersebut dan guru harus mempunyai kompetensi pedagogik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa, 2) Apakah ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. 3) Apakah ada pengaruh yang simultan antara kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa, 2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. 3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang simultan antara kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Terpadu Bumi Darun Najah Lekok Pasuruan yang berjumlah 43 siswa dan peneliti menggunakan Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil uji validitas instrumen penelitian untuk variabel X1 diperoleh kesimpulan bahwa dari 20 item pernyataan dinyatakan valid karena Rhitung lebih besar dari Rtabel. Dan pada variabel X2 diperoleh kesimpulan bahwa dari 23 item pernyataan dinyatakan valid karena Rhitung lebih besar dari Rtabel. Sedangkan hasil uji coba realibilitas instrumen diketahui bahwa nilai alpha cronbach > nilai r tabel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik uji t dan uji F melalui bantuan SPSS 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) nilai signifikansi variabel X1 terhadap Y adalah sebesar 0,705 > 0,05 dan nilai t hitung 0,381 < t tabel 2,021 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru PAI tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa artinya Ha ditolak dan H0 diterima. 2) Sedangkan nilai signifikansi t tes variabel X2 terhadap Y adalah sebesar 0,393 > 0,05 dan nilai t hitung -0,864 < t tabel 2,021. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa artinya Ha ditolak dan H0 diterima. 3) Berdasarkan uji coba secara simultan diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 terhadap Y adalah sebesar 0,569 > 0,05 dan nilai F hitung 0,571 < F tabel 2,84. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya penolakan terhadap Ha dan penerimaan terhadap H0 maka dinyatakan bahwa kompetensi pedagogik guru PAI dan Motivasi belajar siswa secara simultan tidak berpengaruh pada hasil belajar siswa di SMA Terpadu Bumi Darun Najah Lekok Pasuruan. Kata Kunci: Kompetensi pedagogik, motivasi dan hasil belajar
Published
2019-10-28
Section
Articles